
Sampai hari Jumat sore kemarin jaringan Telkomsel di tempatku itu masih lumpuh, aku cukup kesal sehingga aku terpaksa memilih untuk selingkuh ke operator lain untuk sementara. Maka pergilah aku ke sebuah kios kecil penjual kartu perdana dan voucher pulsa, disana aku cukup kebingungan memilih paket perdana selain punyanya Telkomsel. Akhirnya aku putuskan untuk tidak menggunakan big 3 GSM Indonesia (Telkomsel, Indosat dan Excelcom) dan memilih untuk mencoba si pendatang baru 3. Aku memilih 3 tanpa pertimbangan apapun hanya sekedar iseng pingin tahu kemampuan si Tri ini. Namanya juga coba-coba sehingga proses registrasinyapun aku isi asal-asalan. Belum selesai proses registrasi, aku sudah mendapatkan berondongan sms dari 3 sendiri yang mempromokan program-programnya.
Program yang di promosikan 3 antara lain telepon Rp.1 /menit tapi ke sesama 3 dari jam 1 pagi sampai jam 1 siang tapi maximal cuma 1 jam saja per hari ha...ha... SMS ke sesama 3 gratis terus tapi harus isi pulsa Rp. 10.000 per 30 hari uhmm... Ngga peduli sih sama program ini secara aku juga ngga punya teman yang pakai 3. Lalu ada promo bicara setengah harga tapi harus registrasi dulu, setelah registrasi yang memang gratis aku ternyata masih harus mengisi pulsa 10 ribu dulu baru promo setengah harganya berlaku. Aku turutin saja syarat dan ketentuan yang tak pernah disebut-sebut sebelumnya dalam promosi awal. Setelah itu aku baru tahu kalau bicara ke operator lain biaya permenitnya Rp. 1000 dan interlokal adalah Rp. 2000 (belum PPN) karena ikut promo setengah harga jadinya biaya ke operator lain jadi Rp. 500/menit dan interlokal Rp. 1000. Ehmmm ngga mahal juga tarifnya. Untuk SMS ke operator lain tidak ada promosi tapi tarifnya cukup reasonable yaitu Rp. 100 plus PPN 10%. Bandingkan dengan Simpati yang bertarif Rp. 350, memang Telkomsel ini lintah darat penghisap pulsa konsumen.
Selama ini aku sebagai konsumen Telkomsel yang terkenal mahal jadi segera menganggap 3 murah banget tapi ngga tahu juga kalau si 3 kita bawa kedaerah pinggiran apakah dia masih bisa aktif? Ada lagi satu kekurangan 3 yang aku rasa sangat perlu untuk segera diperbaiki yaitu 3 tidak punya fitur cara untuk mengecek biaya pemakaian terakhir konsumen, seperti misalnya di Simpati dengan memijit *887#. Padahal fitur tersebut berguna untuk pengecekan apakah biaya yang telah kita keluarkan sesuai dengan tarif yang telah ditentukan. Kalau saja si 3 ini telah memiliki area jangkauan yang luas tapi masih mempertahankan tarif masuk akalnya ini, bukan tidak mungkin banyak konsumen GSM lain yang akan beralih ke si 3 ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar