Senin, 16 Mei 2011

Curcol #SoyjoyHealthylicious 2



Pengen jalan-jalan ke Osaka gratisan, sapa tau bisa ketemu Doraemon! Hal itu yang muncul pertama kali dibenak gw waktu mendaftarkan diri di ajang #SoyjoyHealthylicious 2. Gw suka dengan kegiatan ini lantaran cara pendaftarannya mudah (cukup daftar online) dan murah (gak perlu harus beli produknya). Selain itu gw juga emang doyan soyjoy.

Dihari ketika 100 semifinalis #SoyjoyHealthylicious diumumkan sebenernya mood gw lagi buruk. Begitu melihat ada nama Ina Haryati disitu kontan jadi senang, bad moodpun langsung minggat. Begitu melihat tantangan harus membuat konten yang berisi edukasi tentang manfaat kedelai hati jadi galau. Antara happy dan panik. Happy jadi semifinalis tapi panik juga memikirkan gimana buat kontennya.

Reaksi pertama adalah minta saran pada teman yang profesinya terkait dengan teknologi pangan. Materi yang disarankannya sebenarnya bagus tapi proses risetnya bikin cenat-cenut. Gimana mau menyampaikan kepada orang lain kalau buat paham sendiri aja susah. Nyaris nyerah lantaran menulis karya ilmiah bukan jiwa gw yang emang hobi nulis fiksi khayalan yang absurd.

Setelah melalui proses semedi semalam suntuk di puncak gunung krakatau (tapi dalam mimpi) gw mendapat pangsit (yak pangsit bukan wangsit) dalam mie yamin Suluh Bangsa. Ah lupakan paragraf melantur ini karna mie yamin sudah gw tinggalkan demi gaya hidup yang lebih sehat.

Akhirnya gw memutuskan untuk tetap menjadi diri sendiri. Gw kemas bahasan manfaat kedelai itu dalam bentuk dongeng komedi. Seneng bener ketika dapat pujian kreatif dari admin @soyjoyID di twitter. Sedikit bocoran, ide-ide cerita baru muncul setelah mantengin situs www.soyjoy.co.id. Menulis cerita untuk soyjoy ini sungguh bikin kecanduan, sehingga gak cuma jadi 1 tapi 5 tulisan sekaligus. Gak cuma hasrat ngayal gw tersalurkan, pengetahuan gwpun bertambah. Sekarang tau apa itu isoflavon, glycemic index, lecithin dan tentu saja aneka manfaat kedelai.

Eng ing eng... 10 finalis #SoyjoyHealthylicious 2 pun diumumkan. Deg-degan gw buka linknya dan.... Ser... Jantung gw berdesir seperti lepas dari katupnya ketika ada nama gw tercantum disitu. Ngarep sih memang untuk bisa ke final tapi gak nyangka bisa kejadian. Fasilitas yang diberikan Soyjoy kepada finalis menyenangkan sangat. Dapet membership Celebrity Fitness yang ngehits banget selama 3 bulan plus Personal Trainernya, wow... Perawatan tubuh dan spa dari Taman Sari Royal Heritage, cihuy... Dan... Designer dress dari Esmod, gila pasti bakalan keren dan bikin sirik temen-temen.

Dimana hak disitu ada kewajiban. Dimana ada fasilitas menggiurkan disana ada tantangan seru. Para finalis ditantang untuk tampil dalam reality drama online yang bertajuk "More Reality With Drama. Segala kegiatan finalis Soyjoy akan direkam oleh kamera untuk ditampilkan di situs resminya Soyjoy Indonesia.

Reaksi pertama gw mengetahui hal ini adalah ketakutan. Yak, karna pada dasarnya gw di dunia nyata adalah seorang pemalu dan pendiam. Jangankan untuk konsumsi umum, untuk ditonton kalangan teman-teman dekat gw aja sering gak pede. Sejujurnya daripada harus tampil di kamera, gw lebih milih bungee jumping. Berkat dukungan semangat dari teman-teman dekat, gw akhirnya mendapat sedikit kepercayaan diri. Lagipula gw pikir satu-satunya cara mengatasi ketakutan adalah dengan melawannya. Dan ajang #SoyjoyHealthylicious ini adalah kesempatan emas untuk merubah sifat pemalu gw menjadi sosok yang lebih PD.

Padahal gw tidak pernah suka acara reality show karena menurut gw reality show di Indonesia banyak mengumbar air mata. Nonton reality show biasanya untuk mencela-cela aja. Mendapat tantangan reality drama serasa mendapat karma alias kualat. Tapi rupanya Reality Drama Soyjoy ini beda dengan reality show di TV karena apa, yah nanti akan gw ceritain.

Tibalah saat #SoyjoyHealthylicious dimulai. Dengan baju merah khas Soyjoy gw datengin Wisma Pondok Indah lantai 7. Awalnya sehabis baca profil finalis lain nyali agak ciut, tapi begitu mendapatkan sambutan hangat dari teman-teman sesama finalis, kepercayaan diri gw tumbuh kembali. Walau baru ketemu sekali namun gw udah dapet banyak hal dari mereka.

Trio cewek manis Sarita, Ayu dan Putri bikin gw percaya kalau menarik itu asalnya dari dalam diri. Keren itu ngga perlu glamor, pake busana yang nyaman dan sesuai kepribadian udah cukup bikin elo terlihat menarik dan keren. Umen dan Dita berasal dari komunitas KopDar. Dari ceritanya, gw jadi tertarik bergabung dengan Kopdar, ah sepertinya bakal dapat relasi baru dari komunitas itu. Sagas yang selintas mirip Anjasmara ini ternyata founder Sixreps, sebuah jejaring sosial buatan anak bangsa untuk para penggemar olahraga. Gw harus buka akun disini untuk mendukung pola hidup sehat. Ririe, Andri dan Nino mengubah anggapan gw kalo drama identik dengan airmata. Trio lebay nan kocak ini bikin drama reality ala #SoyjoyHealthylicious ini jauh lebih menarik daripada reality show manapun di TV. Ada saja polah tingkah mereka yang bikin ngakak.

Dari semuanya gw belajar untuk jadi pribadi yang lebih pede. Gw janji di minggu berikutnya gw harus lebih aktif dan lebih pede. Sekarang buat gw hadiah utamanya bukan fasilitas fitness, spa, baju desainer atau paket ke Jepang tapi kesempatan mengenal pribadi-pribadi hebat yang sudah jadi teman baru gw. Gw yakin setelah ajang #SoyjoyHealthylicious 2 gw akan berubah jadi sosok yang lebih baik. Makasih Soyjoy atas hadiah yang tak ternilai harganya ini :)

Tidak ada komentar: