Selasa, 03 Mei 2011

Percakapan Imajiner dengan Putri Jasmine

Berhadapan dengan tumpukan kerjaan yang menggunung galunggung sungguh memeras otak dan tenaga. Kalo udah begini ujung-ujungnya para cacing diperut mulai memainkan orkes simfoni keroncongan alias la feur (baca pake aksen sunda ya, jangan perancis). Laper tapi sibuk, kalo kelaperan suka ngga bisa mikir, gimana dong? Aha… teringat iklan restoran cepat saji milik paman Ronald. Segera saja jemari saya menari poco-poco di keypad HP menyusur angka 14069.

Tak lama kemudian, datanglah utusan paman Ronald mengantar pesanan makanan. Agak kecewa sih kenapa yang dating bukan paman Ronaldnya sendiri lengkap dengan make-up tebal dan belepotan lipstick. Ah sudahlah, tak penting orangnya yang penting makanannya, yuk nyam-nyam… Berhubung tadi pas nelepon paman Ronald lagi kelaperan akut makanya mesen makanannyapun masuk dalam kategori sangat rakus.

Habis makan langsung kerja? Oh tidak, kekenyangan malah bikin ngantuk. Sambil menguap lebar bak siluman kuda nil, sepotong French fries masuk mulut. Yah daripada masuk lalat mending masuk kentang, betul kan sodara-sodara….

“betul…”

lha buset ada yang jawab… padahal cuma ngomong sendiri dalam hati. Clingak-clinguk. Alamakjan, dari AC muncullah sesosok mahluk mengendarai karpet terbang. Kucek-kucek mata, ah sial malah kelilipan garam french fries yang nempel dijari. Hantu kesiangan ini namanya, muncul pas jam makan siang manusia. Kalo Sadako munculnya dari tipi, lha kalo nih hantu apaan ya? Keluar dari lobang AC di tengah hari bolong.

“Saya Jasmine. Saya bukan hantu, saya seorang putri”

OMG… Putri Jasmine pacarnya Aladdin?

“Yap, Putri Jasmine yang seperti di kartunnya Disney”

Putri satu ini kelakuannya mirip jalangkung juga, datang tak diundang dan parahnya tau aja datangnya pas orang lagi makan. Yah terpaksa deh basa-basi. Maap ya putri, tinggal sisa French fries, mau?

“Oh, ngga deh makasih.”

Syukurlah tau diri juga dia.

“Tapi kalau apelnya saya mau”

*Gubraks* Halah, ternyata celamitan juga nih si Mimin (Mulai kurang ajar)

“Gak apa-apa deh kamu panggil saya Mimin asal apelnya buat aku”

Iya deh, nih… *lempar apel ke Mimin*

“Makanya kalo gak iklas, ngga usah basa-basi. Kalo yang ditawarinya pas laper ya diambillah makananmu”

Huh belagu bener dah nih putri, udah kelaperan masih ajah pilih-pilih makanan.

Ya iya dong. Saya kan terkenal sebagai putri dengan bodi terkeren di dunia dongeng, makanya kudu jaga makan”

Hmmm… Iya sih, bodinya si Mimin ini keren abis. Gw aja yang cewe terkagum-kagum apalagi yang cowo?

“Kamu mau gak punya bodi kaya gini?”

Mau sih... Tapi saya ini orangnya laperan. Kalo laper suka ngga bisa mikir.

“Kalo ngga makan sama sekali ya lemeslah. Makan wajib tapi harus tahu kuncinya yaitu pada pemilihan jenis makanan. Pilih deh makanan ya nilai GInya rendah biar ngga laperan”

Eh apa itu GI? Grand Indo?

“GI alias Glikemik Indeks adalah skala efek suatu bahan pangan (1-100) terhadap gula darah. Semakin tinggi nilai GInya semakin cepat efek naikin gula darahnya. Sebagai ilustrasi nih liat gambar piramid makanan ini. Btw, piramid adalah tempat favorit mojok saya sama mas Aladdin”

Duh gak penting kali ya info soal tempat pacaran kamu. Yang mau saya tanyain adalah apa hubungannya sama status laperan?

“Gini yah, kalo karbohidrat semakin cepat diserap gula darah maka otomatis makin cepet berasa laper. “

Oh… Buru-buru masukin potongan terakhir French fries sebelum si Mimin khotbah lagi.

“Nah, taukah kamu kalau French fries yang barusan kamu makan itu GInya adalah 75.”

Uhuk..uhukk mendadak keselek French fries

“Tapi itu masih mending, nasi GInya 83”

Uhuk..uhuk..uhuk… Batuk makin merejan. Ya ampun si French fries padahal cuma pencuci mulut. Tadi makanan utamanya nasi pake ayam goreng tepung.

“Hah, French fries jadi pencuci mulut? Kalo abis makan berat, mbok pencuci mulutnya yang GInya rendah lah. Misalnya buah-buahan semacam apel, jeruk, pir seperti jatah buah yang kamu dapet dari kantin"

Permisi yah, siapa yang tadi ngambil apel saya?

“Kagak ngefek kali, soalnya kamu kan udah terlanjur mencuci mulut dengan French fries. Trus minumnya soda pula yang manis banget”

Yah maklumlah ngga tau.

“Cari tau dong, di internet infonya bertebaran tuh. Salah satunya di http://www.soyjoy.co.id/about-soy/benefits/glycemic-index-gi/

Kalo lagi kerja pengen ngemil, agak ribet kayanya kalo harus ngupas-ngupas buah segala.

“Norak banget sih kamu, sekarang kan udah banyak dijual fruit soybar semacam Soyjoy ini. Ada berbagai varian rasa buah. Kalo saya pilihan rasanya disesuaikan dengan baju yang sedang saya kenakan. Biar matching gitu loh”

Si Mimin kan anaknya sultan arab, pasti tajirlah dia. Minta dibeliin Soyjoy ah…

“Sorry yah, saya kudu buru-buru balik. Dicariin abah nih…bye….”

Jiah giliran minta traktir langsung cabut deh dia… Yawdah makasih ya atas info soal GInya, salam buat Aladdin.


Sumber :

1. http://www.soyjoy.co.id/about-soy/benefits/glycemic-index-gi/

2. http://www.dietsinfocus.com/meal-based-diets/glycemic-index.html

Tidak ada komentar: