Senin, 03 September 2007

The Invasion

Jangan percaya pada siapapun, jangan menunjukan emosi, jangan sampai tertidur, bisakah anda melakukan semua hal tersebut diatas untuk tetap menjadi manusiawi? Nampak mudah tapi sangat sulit dilakukan, keputus-asaan, keparnoan, ketidakberdayaan dan ketegangan yang terjadi terus menerus yang kita alami apabila melakukan hal-hal diatas. Itulah maksud yang ingin disampaikan oleh film terbarunya Nicole Kidman dan Daniel Craig, The Invasion. Sebetulnya ide menggabungkan tema drama, horor dan sci-fi ini akan sangat menarik tapi sayangnya tidak ada dari ketiga tema tersebut yang menonjol sehingga semuanya jadi serba tanggung. Ketegangan horornya tidak maksimal, unsur dramanya kurang menggigit serta tema sci-finya kurang jelas tapi untungnya masih ada Nicole Kidman yang bermain prima sehingga tokoh yang dimainkannya bisa terasa lebih hidup.

Sudah bisa ditebak dari judulnya, film ini bercerita tentang invasi mahluk yang hidup di luar bumi alias alien terhadap kehidupan manusia di bumi ini. Alkisah ada sebuah pesawat ulang-alik yang mengalami kecelakaan pada hendak memasuki atmosfer bumi dari luar angkasa, pecahan pesawat tersebut tersebar dari Dallas hingga DC. Siapa sangka pecahan pesawat naas tersebut telah terkontaminasi oleh suatu partikel misterius yang bisa mengakibatkan sel-sel tubuh orang yang terpaparnya akan mengalami kelainan dan akhirnya orang tersebut akan menjadi aneh karena telah hilang sisi kemanusiaannya. Pemerintah menganggap hal tersebut sebagai serangan penyakit flu jenis baru. Nicole Kidman beperan sebagai Dr. Bennell yang berprofesi sebagai psikiater yang juga berperan sebagai single mother bagi putra semata wayangnya. Pada saat kejadian tersebut merebak, tiba-tiba mantan suaminya datang untul meminta jatah pengasuhan putra mereka.


Sebagai seorang psikiater, Bennell melihat banyak sekali hal-hal aneh yang terjadi disekitar mereka seiiring dengan penyebaran penyakit flu misterius tersebut. Salah satunya adalah sorang anak yang juga teman main anak Bennell yang tiba-tiba diserang anjing secara mendadak. Ketika mengobati anak tersebut, Bennell menemukan sebuah benda aneh mirip permen karet tapi sepertinya memiliki jaringan hidup. Dibantu oleh Ben Driscoll TTMnya Bennell yang berprofesi sebagai dokter, mereka berusaha menyelidiki kejadian aneh tersebut. Akhirnya mereka menemukan fakta yang mengejutkan bahwa telah terjadi serangan alien yang tak berwujud tapi merasuki tubuh dan jiwa manusia. Bagi mereka yang telah terkontaminasi tidak akan mengalami perubahana apapun apabila mereka tetap dalam keadaan sadar. Virus alien tersebut baru akan menyerang pada saat orang yang telah terjangkit tersebut tidur. Bennell yang telah terkontaminasi dari mantan suminya mati-matian untuk tetap terjaga sambil berusaha mencari anaknya yang hilang disembunyikan sang mantan suami.


Putra Bennell juga sebetulnya telah terkena virus alien tersebut tapi dia sama sekali tidak mengalami perubahan, dari situlah Bennell, Driscoll dan salah satu teman Driscoll berusaha mencari penangkal virus alien tersebut. Ya sama seperti film-film bertema alien lainnya, akhirnya alien-alien tersebut gagal menguasai bumi hanya di film Invasion ini penyelesaiannya terasa sangat memaksa dan terlihat terlalu mudah. Film Invasion ini memang banyak maunya tapi tidak ada yang fokus jadinya penontonlah yang bingung dengan cerita yang tidak memiliki kontiyuitas yang baik. Walaupun filmnya bercerita tentang serangan alien tapi disini sama sekali tidak ditemukan mahluk hijau kecil, tatu mahluk berwujud seperti serangga atau mahluk-mahluk aneh lainnya yang biasanya muncul di film-film alien. Mungkin yang dimaksudkan alien disini adalah manusia-manusia yang telah kehilangan jiwa kemanusiaanya. Anehnya para alien yang katanya telah hilang sisi kemanusiaannya ini malah memiliki cita-cita mulia yaitu membangun sebuah dunia yang damai, tanpa kekerasaan, tanpa kemiskinan. Jadi bingung sebenarnya mana yang lebih baik, manusia atau alien???


Film ini memang aneh tapi seperti yang saya sebutkan diatas, Nicole Kidmanlah yang menyelamatkan film ini. Selain berakting bagus, penampilan Nicole juga bisa cukup menghibur kaum laki-laki. Buat cewek-cewek jangan kuatir karena ada Daniel Craig juga yang disini terlihat lebih ganteng daripada saat jadi James Bond di Casino Royale tapi sayangnya porsi kemunculan Daniel Craig tidak banyak dibandingkan Nicole Kidman yang menguasai lebih dari 3/4 film. Kayanya Nicole Kidman ngga mau kalah dari Tom Cruise soal jadi pahlawan penyelamat bumi, sebelumnya Tom Cruise juga bermain di film serupa yang berjudul War of The Worlds yang juga sama anehnya.

Tidak ada komentar: