Rabu, 24 Oktober 2007

Analogi Kutu Anjing

Kemarin aku mendapatkan email dari seseorang mengenai pengembangan diri, sebetulnya aku kurang tertarik terhadap email-email sejenis itu sebab menurutku kadang-kadang isinya cuma kebanyakan teori. Menurutku email-email mengenai pengembangan diri itu umumnya tidak terlalu banyak gunanya bahkan cenderung menggelikan. Yang aku terima kemarinpun termasuk yang menurutku cukup menggelikan. Maksudnya sih ingin memotivasi orang untuk selalu gigih menaklukkan keterbatasan tapi yang ada bukannya membikin aku termotivasi tapi malah bikin aku tersinggung.

Siapapun pengarang asli artikel tersebut benar-benar tega menyamakan pembacanya dengan kutu anjing, yap KUTU ANJING... Inti dari artikel tersebut adalah : Kutu anjing adalah binatang yang dapat melompat 300 kali daripada ukuran tubuhnya tapi begitu dimasukan ke dalam kotak korek api selama satu hingga dua minggu maka si kutu anjing tersebut hanya bisa melompat sebatas tinggi korek api tersebut sedangkan kemampuan melompat setinggi 300 kali ukuran tubuhnya jadi hilang. Ini terjadi karena ketika kutu anjing berada di kotak korek api dia terbentur ketika mencoba melompat tinggi sehingga si kutu tersebut menjadi ragu ketika hendak melompat tinggi lagi dan hanya berpikir untuk melompat setinggi kotak korek api agar tidak terbentur lagi blah...blah... blah... Katanya di dalam diri kita sendiri ada banyak kotak korek api yang membikin kita berjiwa kerdil blah...blah...blah... Lalu ada contoh tokoh-tokoh seperti Kolonel Sanders, Bill Gates, Ucok Baba dan Andri Wongso yang konon berhasil menaklukan keterbatasan mereka. Dan terakhir kita mendapatkan magic spell nya yaitu Break The Border, Touch The Sky...


He... he... he... artikel yang menurutku sangat konyol karena menyamakan manusia dengan kutu anjing, sungguh terlalu. Apakah sang penulis artikel ini benar-benar pernah melakukan tes kutu anjing tersebut sendiri? Mungkin aja kutu anjing yang di tes kebetulan adalah kutu anjing yang berjiwa kerdil... Yang jelas aku ngga rela kalau harus disamakan dengan kutu anjing, mungkin aku termasuk manusia sinis tapi apakah kalian wahai kawan rela disamakan dengan kutu anjing? Aku lebih tertarik membaca tentang kisah perjalanan Bill Gates atau Andri Wongso atau tokoh-tokoh sukses lainnya daripada harus memikirkan kisah kutu anjing tersebut. Persetan dengan kutu anjing yang gara-gara masuk kotak korek api jadi ngga bisa melompat setinggi 300 kali ukuran tubuhnya. Lagipula menurutku hidup ini ngga sesempit da sesederhana kotak korek api jadi ngga bisa menganalogikan hidup ini dengan kutu anjing dan kotak korek api.


Bagaimana dengan magic spell "Break The Border, Touch The Sky"? Boleh-boleh aja kita berusaha menembus batas kemampuan kita tapi kita juga harus tetap ngaca terhadap kemampuan diri kita. Jangan sampai kita terlalu memaksakan kita melakukan hal-hal yang jauh diluar kemampuan kita yang ada kita bisa frustasi sendiri atau malah jadi gila. Break the border kadang-kadang rancu dengan break the rule jadinya untuk menggapai cita-cita kadang-kadang beberapa manusia berusaha melakukannya dengan berbagai cara termasuk dengan cara yang tidak terpuji sekalipun. Touch the sky? wow tinggi banget... Menurutku semakin tinggi anda melompat maka akan semakin sakit jatuhnya. Apa yang terjadi bila anda jatuh dari langit? Jatuh dari langit-langit rumah saja udah sakit banget apalagi kalau sampai jatuh dari langit... Jadi realistis sajalah dan jangan pernah sekali-sekali disamakan dengan hewan apalagi dengan kutu anjing... Ha...ha...


Mengenai masalah menggapai cita-cita hingga setinggi langit, aku lebih setuju dengan lirik lagu Break Away yang diciptakan oleh Avril Lavigne dan dinyanyikan oleh Kelly Clarkson. Aku rasa jauh lebih bisa diterima nalar manusia jika dibandingkan dengan teori kutu anjing, gini nih liriknya :


I'll spread my wings and I'll learn how to fly.
I'll do what it takes till I touch the sky.
Make a wish, take a chance,
Make a change, and break away.
Out of the darkness and into the sun.
But I won't forget all the ones that I love.
I'll take a risk, take a chance,
Make a change, and break away.

Tidak ada komentar: