Kamis, 18 Oktober 2007

Kwik, Kwek dan Kwak

Salah satu (atau seharusnya disebut salah tiga) karakter kartun Disney favoritku waktu kecil dulu adalah Kwik, Kwek dan Kwak, jadi teringat lagi dengan mereka gara-gara kemarin di Metro World News ada bahasan mengenai mereka. Kwik, Kwek dan Kwak atau yang dalam versi aslinya Disney dikenal sebagai Huey, Dewey and Louie adalah para keponakan Donal yang lucu-lucu dan bandel. Penasaran, aku coba cari tahu info mengenai Kwik, Kwek dan Kwak di Google. Ternyata sebutan Kwik, Kwek dan Kwak yang kita kenal di Indonesia ini sama seperti dalam bahasa Belanda, selain itu ada beberapa Negara juga yang menamakan lain untuk ketika anak bebek tersebut seperti : Rip, Rap dan Rup (Denmark), Tupu, Hupu dan Lupu (Finlandia), Riri, Fifi dan LouLou (Perancis), Tick, Trick dan Track (Jerman), Qui, Quo dan Qua (Italia), Tim, Tam dan Tom (Norwegia), Huguinho, Zezinho dan Luisinho (Portugal), Jorgito, Juanito dan Jaimito (Portugal) serta Knatte, Fnatte dan Tjatte (Swedia).

Sebelum iseng mencari asal-usul Kwik, Kwek dan Kwak ini, aku cuma tahu hanya sebatas mereka itu adalah keponakan Paman Donal. Ternyata mereka itu adalah anak dari saudara kembarnya Donald yaitu Della Thelma Duck, sedangkan ayah mereka tidak banyak diceritakan tapi menurut sebuah sumber ayah mereka adalah saudara laki-laki Daisy (Desi Bebek). Jadi Kwik, Kwek dan Kwak juga merupakan keponakan Desi Bebek juga. Kwik, Kwek dan Kwak sangat mirip satu sama lain hanya warna bajunya saja yang beda, Kwik pakai baju merah, Kwek pakai baju biru dan Kwak berbaju hijau. Selain jail dan bandel, ketiga bebek kembar ini juga sangat kompak bahkan kalau berbicara mereka saling melengkapi.

Kenakalan Kwik, Kwek dan Kwak sering membuat jengkel Paman Donal dan akibatnya Donal sering menghukum mereka tapi seringnya malah Donal yang sial kena dikerjai trio bandel tersebut. Tapi Kwik, Kwek dan Kwak adalah kesayangan Paman Gober (Uncle Scrooge) si jutawan pelit yang punya hobi berenang di tumpukan duit. Setiap kali Donal bersikap galak terhadap keponakannya, Paman Gober selalu membela mereka sehingga Donal jadi tidak berdaya. Di awal kemunculannya, dikisahkan bahwa mereka dititipkan oleh ibu mereka di rumah Donal karena ayah mereka masuk rumah sakit setelah terkena kembang api yang ditaruh Kwik, Kwek dan Kwak di bawah kursinya. Tapi setelah enah bagaimana ketiga bocah bebek bandel ini jadi tinggal menetap di rumah Donal. Kwik, Kwek dan Kwak juga sangat aktif dalam kegiatan kepramukaan yang bernama The Junior Woodchucks.

Seperti karakter Disney lainnya, Kwik, Kwek dan Kwak ini mempunyai serialnya sendiri. Pertama adalah Ducktales yang mengisahkan Donal masuk ke dinas ketentaraan sehingga ketiga ponakannya ini sementara diasuh oleh Paman Gober. Di Ducktales ini mereka bersama Paman Gober mereka melakukan berbagai macam petualangan. Selanjutnya adalah Quack Pack, disini mereka digambarkan telah mencapai usia remaja dan kenakalan mereka makin menjadi tapi kekompakan mereka jadi berkurang sehingga ngga heran kadang-kadang ada saling adu argumentasi diantara mereka. Dalam serial TV Quack Pack, disebutkan nama lengkap mereka sebagai berikut : Hubert Duck (Huey), Deuteronomy Duck (Dewey), dan Louis Duck (Louie).

Tidak ada komentar: