Rabu, 17 Oktober 2007

Wild Fire - Nelson DeMille


Wild Fire merupakan seri keempat dari kisah petualangan tokoh jagoan nyentrik John Corey hasil rekaan novelis laris Nelson DeMille. Memang untuk kisah John Carey, Wild Fire, ini merupakan buku keempat tapi ini bukan karya keempat Nelson DeMille sudah ada sekitar 15 karya sebelumnya. Novel DeMille yang paling popular sebelumnya adalah The General’s Daughter yang versi layar lebarnya juga selaris bukunya. Aku sendiri membaca kisah John Corey ini baru pada seri ketiganya yang berjudul Night Fall dan langsung jatuh cinta pada tokoh John Corey yang slengean dan bermulut bocor. Jadi begitu seri terbarunya keluat langsung aku beli.

Wild Fire diawali dengan kisah penugasan Harry Muller anggota ATTF (Anti Terrorist Task Force), rekan kerja sekaligus teman dekat John Corey, untuk mengintai kegiatan di Custer Hill Club milik juragan minyak yang bernama Bain Madox. Tugas pengintaian yang menurut sang atasan Tom Walsh adalah tugas rutin ternyata membawa petaka, Harry Muller dinyatakan hilang dalam tugas. John Corey didampingi istrinya yang juga merangkap supervisornya Kate Mayfiled berangkat untuk menyelidiki kasus tersebut. Ternyata Harry ditemukan dalam keadaan tewas, polisi setempat menyatakan Harry tewas akibat kecelakaan karena di area tersebut dikenal juga sebagai tempat berburu. John dan Kate mencium banyak hal yang janggal dan memutuskan untuk menyelidiki sosok Bain Madox yang sangat mencurigakan. Sebetulnya Tom Walsh bos mereka tidak mendukung kegiatan penyelilidikan tersebut karena menganggap kasus tewasnya Harry telah selesai. Tapi mereka tetap nekat untuk menyelidiki kaitan antara tewasnya Harry Muller dengan Bain Madox walaupun karir mereka jadi taruhannya.


Insting John dan Kate ternyata benar, Bain Madox ternyata memiliki sebuah rencana besar yang sangat mengerikan. Tidak mudah memang untuk membuka kedok Bain Madox karena selain kaya raya, Madox yang mantan perwira tinggi angkatan laut AS ini juga memiliki hubungan yang erat dengan beberapa pejabat negara yang dekat dengan Presiden. Berkat kecerdikan dan kenekatan pasangan Corey ini akhirnya niat jahat Madox dapat dihentikan. Apabila rencana Madox sampai terlaksana maka bisa dipastikan jutaan umat manusia akan kehilangan nyawanya. Di akhir cerita suami-istri ini mendapat kejutan dari sesosok tokoh dari masa lalu mereka yang sebelumnya mereka kira sudah tewas. Kemunculan sosok ini sekaligus menjawab pertanyaan besar di benak mereka kenapa tugas pengintaian Harry tersebut ibarat tugas bunuh diri.


Nelson DeMille memang seorang tukang dongeng andal, rasanya ingin terus membaca sampai bukunnya benar-benar habis. Untuk membuat semakin menarik tidak lupa DeMille mengungkapkan beberapa fakta yang berkaitan dengan cerita di novelnya tersebut. sama seperti karyanya sebelumnya Night Fall, Wild Fire ini juga agak membahas masalah yang sensitif yaitu terorisme, tapi di bukunya ini DeMille membuka cakrawala bahwa kegiatan terorisme tidak hanya biasa dilakukan oleh suatu ras bangsa tertentu tapi bisa juga dilakukan oleh orang amerika sendiri. Hal yang menurutku paling menarik dari buku Wild Fire ini adalah kebocoran mulut John Corey yang gemar membual, beberapa komennya walaupun kadang nyinyir tapi benar-benar lucu. DeMille selain jago mengkait-kaitkan kejadian nyata dengan dunia khayalnya juga memiliki selera humor yang tinggi. Maka dari itu ngga heran kalau karya-karya Nelson DeMille jadi best seller.

Tidak ada komentar: