Sabtu, 20 Oktober 2007

Jelangkung, Pocong, Kuntilanak, Sundel Bolong dan David Copperfield

Hampir di seluruh layar bisokop-bisokop di Indonesia saat ini sedang diserbu oleh rombongan mahluk halus alias jurig lokal. Tepat di liburan lebaran tahun ini para jurig-jurig ini sukses bergentayangan di berbagai bioskop... Bukankah seharusnya para mahluk itu sudah dirantai pada bulan Ramadhan??? Mungkin karena tempat-tempat yang dikategorikan maksiat tempat setan-setan hang out tutup selama bulan puasa kemarin jadinya mereka terpaksa harus berganti tempat ngeceng, pilihannya tetap yang remang-remang yaitu bisokop... Upsss sori just kidding, don't take it seriously. Menurut Rizal Mantovani, para sutradara film ini Indonesia sengaja ingin menciptakan tren film baru. Jika jaman dulu masa liburan lebaran yang jadi tren adalah komedi ala Dono Kasino Indro, maka sekarang mereka ingin menciptakan tren film di masa liburan lebaran dengan tren film horor. Katanya juga masa liburan lebaran adalah masa panen tempat hiburan seperti bioskop ini dan penonton Indonesia saat ini sedang menggandrungi film bergenre horor.

Kalau kita lihat poster-poster film bioskop milik jaringan 21 saat ini maka kita akan melihat sekaligus empat buah mahluk gaib sedang bersaing merebut atensi calon penonton mereka itu adalah Jelangkung (3), Pocong (3), Kuntilanak (2) dan Sundel Bolong. Keempat mahluk halus memang sangat populer di masyarakat melalui urban legend sehingga para produser berharap para penonton tergugah untuk menengok perwujudan para mahluk tersebut di bioskop. Terbukti film dengan judul keempat jurig tersebut sukses menjadi box office perfilman Indonesia. Sebagai bukan penikmat film-film horor, aku sih sama sekali tidak tertarik menengok mereka di bisokop, jangankan bayar gratispun aku ogah...


Para mahluk halus tersebut tersebut memang digambar buruk rupa atau mengerikan lebih tepatnya tapi para pemain lainnya yang jadi tokoh manusia yang dihantuinya selalu bertampang bening dan biasanya diperankan oleh pemain-pemain yang sudah populer atau minimal yang berpotensi menjadi populer. Sementara pemeran sang bintang sebenarnya yaitu para mahluk-mahluk halus tersebut itu umumnya namanya tidak terlalu terkenal. Memang sih sayang banget bintang film secantik Julie Estelle yang jadi kuntilanaknya, pasti si Julie yang bertampang mulus tersebut harus diobrak-abrik wajahnya agar bisa mirip kuntilanak yang wajahnya hancur.


Sebelum bikin blog ini aku sempet baca Detikcom, disana ada berita mengenai David Copperfiled yang batal datang ke Jakarta. Pihak managementnya tidak menyebutkan alasan kebatalan pentas David Copperfiled tersebut di Indonesia tapi menurut rumor penyebabnya adalah David Copperfiled sedang menghadapi tuduhan kasus pelecahan seksual. Wow...wow David... David... katanya jago ilusi, kenapa juga cewek-cewek itu ngga kamu hipnotis dulu sehingga ngga terjadi kasus seperti ini??? Mungkin aja si David udah mencoba menghipnotis cewek tersebut tapi rupanya "ilmu" si cewek lebih tinggi jadinya segala mantra-mantra si David ngga mempan.


Terbukti ilmunya ternyata masih belum canggih-canggih amat maka dari itu David Copperfield pun membatalkan pertunjukannya di Jakarta. Menghadapi seorang cewek aja bisa kebobolan apalagi harus menghadapai serombongan mahluk halus asli Indonesia yang lagi gentangan di Jakarta. Memang nasib si David ini lagi sial karena jadwal manggungnya di Jakarta berbarengan waktunya denganh musim hantu-hantu lokal bergentayangan. Para mahluk halus Jakarta ini ngga rela kalau pendapatan mereka harus berkurang karena sebagian penonton enggan menonton ke bioskop lantaran lagi nabung pengen nonton pertunjukan David Copperfield. Salah satu dari mahluk halus tersebut yaitu jelangkung disuruh menyampaikan pesan ancaman hantu-hantu lokal tersebut terhadap salah satu jinnya David Copperfiled. Makanya David Copperfieldpun jadi gentar, daripada shownya rusak akibat dikerjai hantu-hantu lokal dan tentunya akan merusak citranya sebagai tukang sulap paling top lebih baik mundur sajalah... He...he.. ngga gitu juga sih ceritanya, ini sih cuma hasil khayalan aku aja...

Tidak ada komentar: