Senin, 27 Agustus 2007

Bourne Ultimatum

Tahun 2007 ini adalah tahun penuh sequel film terutama sequel ketiga, salah satu serial yang menelorkan sequelnya adalah kisah petualangan Jason Bourne yang diadaptasi dari novel laris karangan Robert Ludlum. Menurut aku diantara sejumlah film sequel yang beredar tahun ini, boleh dikatakan Bourne Ultimatumlah juaranya karena film ini sukses menyambungkan cerita dari film sebelumnya dengan kontinyuitas yang sangat mulus. Cerita masih mengenai pencarian identitas asli sang super spy Jason Bourne. Tokoh yang kembali lagi muncul dari kisah sebelumnya adalah Pamela Landey, salah satu petinggi CIA yang walaupun telah berkali-kali kena "dikerjai" Bourne tetap saja agak-agak membelanya serta Nicky Parsons seorang pegawai bagian logistik Treadstone yang pernah bersekongkol dengan Bourne sebelumnya.

Diawal film dimasukan potongan film dari seri sebelumnya Bourne Supremacy dan langsung disambungkan dengan mulus adegan-adegan baru. Usaha pencarian identitas Bourne mulai menunjukan titik terang ketika seorang reporter Inggris mengungkapkan tentang masalah project Blackbriar. Bourne langsung memburu sang reporter untuk mengetahui orang dalam yang diyakini mengetahui banyak fakta dibalik project tersebut tapi rupanya beberapa petinggi CIA yang terlibat dalam masalah ini tidak tinggal diam, mereka pun ikutan memburu sang reporter. CIA yang semula tidak mengira Bourne akan terlibat, tiba-tiba terkejut ketika mereka mendapatkan kesulitan dalam perburuan menangkap sang reporter. Adegan kejar-kejaran yang bersetting di stasiun KA paling padat di Inggris Waterloo ini sangat seru sekali. Usaha Bourne untuk melindungi sang reporter gagal karena sang reporter tewas juga sehingga mau ngga mau Bourne harus memburu sendiri sang nara sumber yang bernama Neal Daniels.


Berikutnya Bourne berpetualang ke Madrid untuk perburuan berikutnya, alih-alih menemukan Neal Daniels disana Bourne malah kembali bertemu dengan Nicky Parsons. Dari Nicky lah Bourne mendapat informasi bahwa Neal Daniels telah pergi ke Tangier Turki. Bersama Nicky Bourne berusaha menyelamatkan Daniels dari upaya pembunuhan yang dilakukan oleh orang-orang yang takut project Briar tersebut terungkap. Bourne memang gagal kembali menyelamatkan sang nara sumber tapi dia mulai mendapatkan kembali petunjuk. Kali ini petunjuknya mengarah ke markas CIA di New York, Bourne pun langsung pergi kesana. Kali ini Bourne sukses mengerjai Deputi Direktur Noah Vosen dengan memanfaatkan "teman" lamanya Pamela Landey. Pamela yang sempat ditelepon Bourne memberitahukan nama asli Jason Bourne adalah David Webb dan juga memberikan info sebuah kode yang ternyata merupakan alamat tempat dimana sosok Jason Bourne dibentuk. Akhirnya setelah pencarian bertahun-tahun Bourne/Webb menemukan jawaban atas segala misteri yang meliputi dirinya.


Ada adegan yang cukup menarik yaitu ketika Bourne bertanya kepada Nicky, kenapa dia selalu menolong dirinya. Nicky tidak memberikan jawaban hanya bertanya kembali apakah Bourne benar-benar tidak ingat apa yang terjadi di masa lalu. Adegan ini pasti menimbulkan pertanyaan apakah ada hubungan khusus di masa lalu antara David Webb dengan Nicky Parsons?

Tidak ada komentar: