Kamis, 02 Agustus 2007

Sandstorm - James Rollins

Cerita diawali dengan sebuah ledakan misterius di British Museum yang terjadi pada saat hujan badai. Menurut rekaman video pengawas, ledakan ini bukan hasil perbuatan teroris tapi berasal dari sebuah meteorit yang menjadi salah satu koleksi dalam museum tersebut. Ledakan di British Museum ini rupanya jadi awal petualang sang Dr. Safia Al-Maaz sang kurator museum yang memiliki masa lalu berkaitan dengan kejadian-kejadian selanjutnya. Bukan cuma Safia yang memiliki keterikatan dengan benda misterius tersebut, sang penyandang dana museum, Lady Kara Kensington pun rupanya menjadi penasaran untuk menyelidiki kasus menghilangnya sang ayah yang merupakan penemu meteorit tersebut. Ledakan misterius ini juga menarik perhatian berbagai organisasi militer berbasis pengetahuan, salah satunya adalah Sigma Force sebuah agensi mata-mata yang beranggotakan para ilmuwan yang dilatih layaknya seorang militer. Sigma Force mencurigai akan adanya sumber energi yang luar biasa dari meteorit tersebut, maka ditugaskanlah agen berpengalaman bernama Painter Crowe.

Cerita petualangan tanpa adanya tokoh antagonis ibarat sayur tanpa garam, maka untuk meramaikan kisah ditampilkan pula organisasi teroris bernama The Guilt yang juga mengincar sumber energi baru tersebut. Agar ceritanya makin seru, maka agen teroris jahat tersebut diceritakan adalah mantan partner dan kekasih Painter Crowe sendiri. Setting cerita di kota London hanya terjadi di awal cerita saja karena nantinya kita akan dibawa berpetualang ke daerah timur tengah, tempat dimana meteorit tersebut ditemukan.


Membaca Sandstorm ini ibarat menonton film Indiana Jones, kita diajak berpetualang menuju tempat-tempat peradaban masa lampau sambil memecahkan teka-teki dari artefak-artefak kuno. Rupanya James Rollins sang pengarang juga sengaja mengingkatkan pembaca akan kesamaan jenis antara buku ini dengan film Indiana Jones dengan menampilkan seorang tokoh seorang ahli arkeologi yang juga mantan pacar Safia bernama Omaha Dunn (Omaha dan Indiana sama-sama nama negara bagian di amerika). Petualangan seru dengan intrik-intrik supranatural dapat membuat adrenalin berpacu kencang tapi ternyata juga diimbangi dengan kisah manis cinta segitiga antara Safia-Omaha-Painter yang membuat tensi jadi agak turun.


Walaupun berbagai teori-teori fisika maupun kajian sejarah yang ditampilkan James Rollins dalam buku ini diragukan kebenarannya tapi ngga jadi masalah besar tokh namanya juga novel fiksi... Jadi kalau baca buku ini nikmatin aja ngga usah ikutan mikir apalagi kalau sampai menjadikannya referensi.

Tidak ada komentar: