Sabtu, 04 Agustus 2007

Donal Bebek Pergi Ke Pasar

Donal Bebek...
Mau Kemana?
Mau Kepasar
Membeli apa?
Membeli Baju
Warnanaya apa?
Warnanya putih
Putih putih melati ali baba
merah merah delima pinokio
siapa yang baik hati, cinderella
tentu disayang mama (Kadang kadang sering diganti pacar)
Masih inget ngga sama children rhyme diatas yang populer dikalangan anak-anak taun 80an? Tiba-tiba saja aku jadi pingin ngebahasnya, emang ngga penting sih tapi lumayanlah buat iseng-iseng mengenang masa kecil dulu...
Bahasannya :
1. Kenapa donal bebek yang disebut pertama? Karena pada jaman itu di Indonesia belum terkenal tuch tokoh kartun seperti Doraemon, Winnie The Pooh, Shinchan, Pocahontas, Tweety, Tazmania Devil, apalagi Monokuro Boo... Tokoh kartun pada jaman itu hanya terbatas pada tokoh kartun keluarga Walt Disney seperti Miki Tikus, Gufi, Pluto dan beberapa tokoh kartun MGM seperti Tom, Jerry, Scooby Doo dan teman-temannya. Diantara tokoh kartun idola ana-anak 80an yang paling adorable adalah si donal bebek ini, makanya dialah yang disebut pertama dalam children rhyme ini.
2. Kenapa donal pergi ke pasar? Karena pada jaman itu yang namanya ITC, Factory Outlet, Distro dan segala macam pusat grosir belum ada yang dibangun. Kalau mau beli baju ya ke pasar atau yang elitan dikit palingan ke Matahari. Berhubung di donal ini duitnya cekak maka dia cuma sanggup beli baju di pasar.
3. Kenapa donal membeli baju bukan celana? Yang ini ngga perlu dibahas panjang-panjang sebab semua orang tau kalau donal itu ngga pernah pake celana.
4. Kenapa donal beli baju yang warnanya putih? Donal memang terkenal selalu memakai baju berwarna biru tapi si Donal ini baru saja diterima jadi seorang trainee disebuah pasar swalayan sehingga mau ngga mau dia harus membeli baju berwarna putih...
5. Putih putih melati ali baba... Melati memang berwarna putih sama seperti bajunya ali baba
6. Merah merah delima pinokio... Supaya lebih nasionalis maka putih harus disandingkan dengan merah. Anak jaman taun 80an cuma tau delima sebagai buah yang berwarna merah lantaran strawberry masih belum jadi buah yang umum di konsumsi anak-anak jaman tersebut. Hubungan pinokio sama merah delima? Masih ngga dapet hubungannya pinokio sama merah delima... Setauku sih kalau pinokio berbohong maka hidungnya akan memanjang bukan memerah...
7. Siapa yang baik hati cinderella... Biasanya anak tahun 80an sebelum tidur suka didongengin secara lisan oleh ortu atau kakek-nenek mereka. Dongeng yang paling sering diceritakan adalah si kancil dan cinderella, si kancil itu anak nakal sering mencuri timun punya pak tani sehingga jadilah cinderella si anak tiri jadi anak baik. Maklumlah anak-anak jaman itu sebelum sekolah SD belum bisa baca jadi untuk menambah daya khayal harus didongengin, beda banget sama anak sekarang yang masih duduk di TK aja udah sanggup baca buku seri Narnia sendiri.
8. Tentu disayang mama... kata "mama" dalam kalimat penutup ini kadang-kadang sering diganti oleh anak-anak yang mulai centil dengan kata "pacar". Kalau dilihati dari segi korelasinya, yang paling pas memang disayang pacar sebab mama kandungnya cinderella sudah meninggal sedangkan mama tirinya sama sekali tidak sayang malah sering menyiksa cinderella. Cinderella jelas disayang pacar, bayangkan saja seorang pangeran nan tampan rela mencari Cinderella hingga ke pelosok kerajaaan hanya bermodalkan sebelah sepatu kaca yang lepas dari kaki Cinderella.
Ehmmm gitulah bahasan aku seputar children rhyme donal bebek pergi ke pasar. Ngga penting banget ya...

2 komentar:

Naufal mengatakan...

Ha..ha..!Eh, kalo emang ga penting kenapa ditulis???:p

Naufal mengatakan...

Ha..ha..!Eh, kalo emang ga penting kenapa ditulis???:p