Rabu, 12 Desember 2007

The Altman Code - Robert Ludlum

Robert Ludlum memang lebih dikenal sebagai pengarang novel seri petualangan Jason Bourne yang saking populernya hingga kisah Jason Bourne ini dijadikan film layar lebar. Tapi sebetulnya Robert Ludlum juga mengarang seri petualangan lain yang tidak kalah seru dari petualangan Jason Bourne yaitu seri Covert-ONE. Hampir serupa dengan kisah Jason Bourne, seri Covert-ONE juga bercerita tentang agen rahasia jagoan. Kalau Jason Bourne adalah seorang mantan agen rahasia yang amnesia dan berusaha mencari jati dirinya, kalau Cover-ONE ini adalah sebuah jaringan agen mata-mata yang sangat rahasia sehingga tidak dikenal seperti CIA atau FBI namun mereka memberikan report langsung kepada presiden. Pada serial Covert-ONE ini, Ludlum juga punya jagoannya sendiri yaitu Letkol Jonathan Smith atau biasa disebut Jon Smith, seorang agen rahasia anggota militer AS yang memiliki latar belakang ilmuwan. The Altman Code merupakan seri keempat dari seri Covert-One ini setelah The Hades Factor, The Cassandra's Compact dan The Paris Option.

Ketika sedang menghadiri sebuah konferensi di Taiwan, tiba-tiba Jon Smith mendapat perintah dari Covert-ONE untuk berangkat ke China karena menurut informasi yang didapat ada sebuah kapal barang China dengan tujuan ke Basra Irak yang katanya mengangkut bahan untuk membuat senjata kimia dengan kedok mengangkut alat-alat pertanian. Tugas Jon Smith semula adalah bertemu dengan seorang informan yang telah memegang kopi dari manifest isi kapal yang sesungguhnya, nanti bukti dari manifest ini akan digunakan untuk menyetop kapal tersebut. Ternyata tugas ini tidak sesederhana seperti yang diduga semula, rupanya ada pihak-pihak lain yang terlibat termasuk diantaranya adalah orang dalam Gedung Putih. Sang informan tewas sebelum kopi manifest diterima oleh Jon namun sebelum tewas sang informan sempat memberikan informasi lain yang sangat mengejutkan yaitu tentang seorang amerika yang menjadi tawanan politik di Cina diketahui ternyata adalah ayah kandung dari Sam Castilla, sang presiden amerika. Jon pun segera memberika informasi ini kepada bosnya di Covert-ONE, Fred Kline. Setelah dikonfirmasi kepada presiden langsung, ternyata memang betul ayah kandung presiden adalah seorang agen rahasia amerika yang dinyatakan telah meninggal di China namun tidak pernah ditemukan mayatnya. Sekarang tugas Jon bertambah satu lagi yaitu mengembalikan sang tawanan tersebut ke amerika sambil tetap mencari kopi manifest kapal Cina tersebut.



Tidak heran kalau buku karangan Robert Ludlum sering jadi best seller karena memang Ludlum sangat pandai bercerita sehingga pembacanya akan selalu penasaran untuk terus membuka halaman demi halaman bukunya. Membaca The Altman Code sama menegangkannya seperti nonton film Bourne Ultimatum.

Tidak ada komentar: