Minggu, 16 Desember 2007

Cross - James Patterson

James Patterson termasuk penulis best-seller yang sangat produktif. Buku-bukunya sebagian besar menceritakan seri petualangan Detektif Alex Cross, Women Murder Club, Maximum Ride dan beberapa novel lepas lainnya. Cross sebetulnya bukan novel pertama James Patterson yang mengisahkan cerita petualang Alex Cross tapi dalam Novel ini James Patterson seolah membuat prequelnya dengan menceritakan kejadian yang mengubah hidup Alex Cross yaitu kematian Maria sang istri tercinta.

Sebagai seorang penegak hukum karir Alex sangat cemerlang bermula dari detektif polisi lalu di promosikan sebagai profiler di FBI. Karir Alex yang cemerlang ini diikuti pula oleh kesuksesannya dalam mebina keluarga, seorang istri yang sangat dicintai telah memberikannya tiga orang anak yang manis-manis. Dan ada juga Mama Nana sang nenek yang telah membesarkan Alex yang telah menjadi yatim piatu sejak kecil. Walaupun sibuk Alex selalu berusaha meluangkan waktunya untuk keluarga, pokoknya kehidupan Alex begitu sempurna. Patterson juga menceritakan seorang kriminal muda bernama Michael Sullivan alias The Butcher. The Butcher menjadi seorang pemerkosa dan pembunuh sadis akibat mengalami trauma masa kecil akibat tindakan kekerasan yang dilakukan oleh ayahnya yang berprofesi sebagai tukang daging atau butcher.

Alex bertemu The Butcher secara tidak sengaja di sebuah TKP, sempat terjadi adu pandang diantara keduanya. Lalu secara tak diduga The Butcher mendatangi rumah Alex namun tidak melakukan ancaman apapun karena saat itu di rumah sedang ada anak-anak Alex. Maria yang kebetulan bertugas merawat salah seorang korban The Butcher menjadi target karena kemungkinan sang korban telah bercerita banyak hal terhadap Maria. Tak lama setelah kedatangan The Butcher, Maria terkena tembakan yang dilakukan seseorang di tengah keramaian jalan dan Maria akhirnya tewas dalam pelukan Alex ketika dalam perjalanan menuju Rumah Sakit.

Cerita berpindah ke masa sekarang untuk melihat kehidupan Alex juga Michael Sullivan a.k.a The Butcher dimasa kini. Alex memilih untuk mengundurkan diri dari FBI pasca meninggalnya Maria sementara The Butcher telah menikah dan mempunyai anak. Pada suatu kesempatan Alex diminta pertolongannya dalam sebuah kasus penyanderaan, The Butcher yang sedang menonton TV melihat kembali sosok Alex dan pikirannya segera melayang kepada peristiwa bertahun-tahun lalu. Naluri membunuh untuk kepuasan The Butcher kembali keluar dan kembali ia melakukan pemerkosaan dan pembunuhan seperti dulu. Takdir kembali mempertemukan Alex dengan The Butcher ketika mantan partner Alex di kepolisian menemukan fakta baru mengenai kematian Maria dan mengajak Alex untuk kembali menyelidikinya. Dengan membaca The Cross ini para penggemar Alex Cross akan bisa semakin memahami jiwa sang detektif dan tentunya akan semakin jatuh cinta terhadapnya.

Tidak ada komentar: