Minggu, 16 Maret 2008

Heiki Kovalainen - Sang Bodyguard Mclaren Mercedes

Setelah Fernando Alonso yang merasa tidak cocok dengan tim McLaren Mercedes dan memutuskan hengkang maka dipilihlah Heiki Kovalainen sebagai partner baru si super rookie Lewis Hamilton. Keputusan Ron Dennis bos McLaren untuk mengontrak anak muda Finlandia tersebut sepertinya tidak salah. Memang sih di seri pembukaan musim balap F1 tahun ini di Melbourne Australia yang baru saja berlangsung ini Heiki Cuma berada di posisi 5 tapi ini terjadi karena faktor kekurangan beruntungan saja.

Seharusnya Heiki Kovalainen bisa finish kedua setelah Lewis Hamilton namun kecelakaan yang menimpah rookie Toyota, Timo Glock, sangat merugikan posisi Heiki. Heiki yang kala itu sudah unggul banyak atas pembalap dibelakangnya terpaksa harus rugi waktu karena safety car masuk, sialnya saat itu Heiki belum melakukan pit stop terakhirnya. Terpaksalah Heiki harus menyerahkan keunggulannya kepada lawan-lawannya karena pit stop harus dikakukan. Dari berpotensi menjadi peringkat 2, Heiki akhirnya harus puas finish di tempat ke-5. Sebetulnya ada kesempatan Heiki finish lebih baik namun Alonso yang di depannya berhasil mempertahankan posisinya hingga akhir.

Sebetulnya bukan itu saja kecermerlangan Heiki hari ini, aku anggap Heiki sukses sekali menjalankan tugas sebagai "bodyguard" bagi rekannya Lewis Hamilton. seandainya tahun lalu Hamilton punya "bodyguard" seperti Heiki, bukan tidak mungkin juara dunia jatuh kepadanya. Pada balap hari ini baru saja dimulai Heiki yang start dari pososi 3 berhasil menggagalkan serangan Felipe Massa bahkan membuat pembalap Brazil tersebut kehilangan banyak posisi akibat nyelonong keluar lajur balap. Ketika Raikonnen yang berstrategi satu pit berhasil melejit hingga posisi 3, Heiki yang kala itu ada di posisi 2 berhasil menahan sang juara bertahan. Ngga cuma itu, Heiki kembali mengulang kejadian seperti saat start kali ini ia berhasil membuat partnernya Felipe Massa nyerungsep ke gravel akibat terlalu nafsu buat nyusul Heiki.
Perbuatan Heiki yang sukses mengenyahkan kedua jagoan Ferarri yang notabene adalah musuh utama timnya McLaren Mercedes tersebut membuat dirinya layak mendapat sebutan sebagai bodyguardnya Lewis Hamilton, sang anak emas Rob Dennis. Sudah sewajarnya Lewis Hamilton berterima kasih pada partner barunya ini, seandainya Heiki gagal menahan laju para pembalap Ferarri terutama Kimi Raikonnen bukan tidak mungkin Lewis bakalan gagal meraih nilai sempurna. Memang untuk menjadi juara dunia, seorang pembalap harus punya sekan setim yang mau mendukung bukan saling menyaingi seperti Lewis Hamilton dan Fernando Alonso tahun lalu.

Tidak ada komentar: