Selasa, 25 Maret 2008

Kehebatan Mall

Hampir disetiap sudut jota Jakarta ini kita bisa menemukan berbagai pusat perbelanjaan mulai dari yang namanya mall, plaza, (town) square, trace centre, pusat grosir dan aneka nama lain yang berkorelasi dengan belanja. Untuk pembahan berikutnya aku akan menggunakan kata mall untuk merujuk ke istilah pusat perbelanjaan agar lebih simple dan singkat. Saking banyaknya mall di Jakarta ini saya rasa jumlah lebih banyak daripada jumlah lapangan terbuka untuk bermain anak-anak. Makanya anak sekarang lebih sering main di mall daripada main di mall.

Dengan jumlah mall yang banyak sehingga satu sama lain saling bersaing ketat agar bisa tetap eksis karena tingkat pertumbuhan mall tidak seimbang dengan tingkat pendapatan masyarakat. Aneka cara dilakukan oleh berbagai mall agar menarik minat masyarakat untuk mengunjungi mall tersebut. Kalau dulu isi mall palingan cuma aneka pertokoan, salon, bioskop,tempat bermain anak dan tempat makan saja tapi sekarang di mall kita bisa menemukan praktek dokter, bank, pijat refleksi, tempat penitipan anak, playgroup, fortune teller, sekolah musik bahkan tempat ibadahpun ada di mall. Stasiun TV swasta nasional SCTV tidak mau kalah menghadapi fenomena mall dengan menyiarkan acara berita andalannya Liputan 6 dari sebuah mall bernama Senayan City. Wow sungguh luar biasa mall-mall kita ini, aku ngga yakin kalau di luar negeri ada mall selengkap ini.


Sebentar lagi mall-mall di Jakarta akan makin lengkap dengan hadirnya gerai Samsat milik Polda Metro Jaya untuk mengurus SIM dan STNK. Berita ini aku dapatkan dari detikcom yang menampilan berita tersebut dengan judul Yuk! Ngurus SIM & STNK di Mal. Mana ada di negara lain kita bisa ngurus perpanjangan SIM di Mall Ckkk ckkk... hebat...hebat... Rasa-rasanya sebentar lagi kita bakal menemukan ada rumah sakit di mall supaya para pasien bisa tetap jalan-jalan walaupun sedang sakit parah... Atau mungkin gubernur atau anggota dewan mau juga pindah kantor ke mall biar lebih melegitimasi kehebatan mall-mall Jakarta.

Tidak ada komentar: