Kamis, 06 Maret 2008

Kecoa

Aku punya seorang teman laki-laki yang dari luar nampak jantan sekali, berbadan besar, berkulit gelap, berambut cepak dan suaranya bass sekali. Namun dibalik citra jantannya itu dia punya kelemahan yang sama sekali bertolak belakang dengan citra fisiknya yaitu takut terhadap serangga bersayap terutama kecoa. Ha..ha.. aku langsung habis-habisan meledek temanku itu begitu pertama kali melihat dia panik dan ketakutan gara-gara didatangi seekor kecoa nakal. Mamaku juga termasuk orang yang phobia kecoa tapi mamaku mengatasi ketakutannya itu dengan cara membunuh langsung binatang yang identik dengan kejorokan itu. Sedangkan temanku si macho man ini cuma bisa lari mengindar atau berusaha mengusir sang kecoa dengan menggunakan benda-benda panjang seperti sapu misalnya.

Memang sih kecoa binatang kecil walaupun kecil dia sanggup bikin orang jadi ketakutan setengah mati. Padahal si kecoa ini tidak pernah mengigit manusia seperti lebah atau anjing. Palingan kerjanya terbang kesana kemari. Mungkin sebetulnya bukan takut tapi jijik kali sebab kecoa konon hidup di tempat kotor. Saya pernah membaca sebuah artikel tapi lupa dimuat dimana yang memuat berita mengenai penelitian yang menjawab kenapa orang yang takut kecoa cenderung lebih sering didatangi kecoa. Menurut penelitian para ahli orang yang edang ketakutan akan menghasilkan sebuah aroma yang tak bisa tercium oleh hidung manusia tapi disukai oleh kecoa sehingga kecoa akan mendatangi sumber aroma tersebut.

Walaupun menjijikan, kecoa adalah binatang yang luat biasa sebab masih dapat bertahan hidup walaupun tanpa kepala hingga akhirnya dia mati kelaparan. Menurut sebuah penelitian lain, konon katanya kecoa adalah satu-satu mahluk hidup yang bisa tetap hidup dalam radiasi nuklir. Jadi kalau saja di bumi ini terjadi bencana nuklir yang gawat dan memusnahkan manusia maka bisa dipastikan kalau kecoa bakal menggantikan manusia sebagai penguasa bumi. Wah memang si kecoa ini binatang super tapi kok belum ada ya yang menjadikan sosok kecoa sebagai superhero seperti Spiderman, Batman, Catwoman, bahkan CicakMan saja udah ada.

Baiklah, kalau gitu ada satu alasan lagi kenapa bisa dimaklumin kalau ada orang yang takut kecoa. Kecoa adalah binatang super yang tahan kena radiasi nuklir dan bisa hidup tanpa kepala. Tapi jangan lupa juga si superbug ini sebetulnya tidak sandalproof maksudnya kalau dikeprak pake sendal jepit kencang-kencang seperti yang dilakukan mamaku, si kecoa ini bisa mati juga.

Tidak ada komentar: