Rabu, 18 Juli 2007

Bajakan di Hypermarket Perancis

Kemarin sore aku mengunjungi sebuah toko jaringan hypermarket terkemuka asal Perancis yang berlokasi di Jakarta Timur persisnya di bekas area milik TNI AU. Ketika jalan-jalan ke area elektronik, aku cukup terkejut ketika melihat sebuah display TV dan DVD player yang ternyata sedang memutar film "300". Setahuku DVD original film "300" ini belum beredar (Menurut Google baru akan release bulan Agustus depan). Secara kasat mata dapat dilihat kualitas gambar yang agak kurang dan teks terjemahannya yang agak-agak ngaco, maka dapat disimpulkan bahwa DVD yang diputar adalah DVD bajakan.
Sungguh ironis sebuah hypermarket yang katanya jaringannya internasional ikut-ikutan pedagang kaki lima muter film bajakan di display produknya. Aku ngga ngerti entah disengaja atau tidak toko tersebut memutar film bajakan. Bisa juga tidak sengaja mungkin ada karyawannya yang sangat menggemari film "300" ini sehingga memutarnya di display tersebut. Bisa jadi memang disengaja untuk membuktikan kualitas DVD player tersebut yang mampu membaca DVD bajakan dengan baik. Memang ada beberapa merk DVD player terkenal yang agak susah membaca DVD bajakan seperti pengalaman seorang teman yang membeli sebuah DVD player merk perusahaan elektronik terkemuka eropa. Sewaktu dicoba pertama memakai DVD original hasilnya sangat bagus sekali tapi sewaktu mencoba memutar DVD bajakan, playernya ternyata tidak mau membaca tapi ketika DVD bajakan tersebut dicoba di player merk ecek-ecek malah bisa terbaca.
Jadinya aku agak sangsi dengan hypermarket tersebut, jangan-jangan diantara barang yang mereka jual juga terdapat barang bajakan atau palsu... hi... Merk Internasional ternyata ngga jamin juga...

Tidak ada komentar: