Minggu, 18 November 2007

Bu Siti - Menteri Talkshow


Kalau bulan lalu aku pernah tanpa sengaja hampir setiap hari menampilkan tulisan-tulisan yang berbau horror sehingga aku sebut saat itu sebagai Halloween Week maka kali ini dengan sengaja aku ingin menulis seputar perempuan-perempuan yang menarik perhatianku. Untuk kali ini kita sebut saja sebagai "Ladies Week". Setelah kemarin diawali oleh pembahasan mengenai buku memoir Meutya Hafid selama diculik di Irak maka kali ini aku akan membahas menteri favoritku yaitu Ibu Menkes. Diantara jajaran menteri sekarang yang sebagian nama maupun tampangnya tidak terlalu aku kenal ada sesosok menteri yang menurutku paling menarik yaitu Siti Fadilah Supari sang Menteri Kesehatan. Dalam tulisanku dalam blog ini sebelumnya aku pernah bilang kalau ibu menkes itu termasuk manusia narsis tapi bukan itu saja alasanku untuk membahasa beliau dalam blogku kali ini.


Secara pribadi aku memang tidak kenal beliau namun sejak pertama kali muncul sebagai menteri, ibu ini telah menarik perhatianku karena dalam kondisi atau acara apapun rambut bu Menkes ini selalu terlihat rapi jail. Berambut tebal dan hitam, bu Siti nampaknya mempunyai hait stylist sendiri yang siap setiap saat untuk menata rambutnya sehingga hampir tidak pernah rambutnya nampak awut-awutan walaupun berada di tengah kamp pengungsi rambut Bu Siti tetap akan terlihat tetap tersasak rapi.


Selain perkara rambut yang ciamik itu, Bu Siti menurutku juga punya wajah yang ramah penuh senyum dan cenderung jenaka, sangat jauh dari kesan serius yang biasanya dimiliki para politikus. Melihat sosok Dr. dr. Siti Fadilah Supari, SP. JP (K) ini segeralah terbayang wajah ibu dokter yang disenangi oleh para pasien. Sekali lagi saya tidak mengenal beliau secara pribadi namun hanya bayangan saja dari luar kalau bu dokter Siti ini adalah tipe dokter yang ramah terhadap pasien dan bukan ngga mungkin termasuk dokter yang tidak segan untuk bergosip ria dengan pasien.


Baiklah kita tinggalkan masalah praduga yang hanya khayalanku saja. Seperti yang pernah aku bahas sebelumnya kalau Bu Menkes ini sedah cukup lama punya acara talkshow sendiri yang ditayangkan beberapa stasiun TV termasuk MetroTV. Topik yang dibahas dalam acara yang dinamakan B4M (Bincang-Bincang Bareng Bu Menkes) ini tentunya tidak jauh dari masalah kesehatan. Memang aku pernah menyebutnya narsis namun apa yang dilakukan bu Siti ini merupakan terobosan baru dari seorang menteri yang ingin mendekatkan diri dengan masyarakat. Pendekatan yang dilakukan bu Menkes ini diupayakan agar tidak kaku seperti program-program propaganda pemerintah orba di TVRI dulu. Aku memang tidak rutin menonton tapi aku pernah beberapa kali melihat tayangan B4M ini kalau lagi tidak ada acara bagus di TV lain. Prasangka saya kalau bu Menkes ini orangnya kocak sungguh terbukti di acara ini apalagi B4M ini juga dipandu oleh dua orang kocak juga yaitu Kelik dan Denny Chandra. Pada B4M walaupun sebetulnya bu Siti sebagai Menkes pastinya memiliki pengetahuan seputar kesehatan yang sangat luas namun disini kadang-kadang memposisikan dirinya sebagai nasyarakat awam dengan memberikan beberapa pertanyaan seputar masalah kesehatan kepada nara sumber yang kompeten di bidangnya. Tak jarang pertanyaan bu Siti sangat naïf cenderung lucu. Dilain waktu Bu Siti berlaku seperti seorang guru yang sedang mengetes kemampuan anak buahnya dengan pertanyaan-pertanyaan. Yang kocak sering kali bu Siti berdebat ria dengan para pemandu acara yang memang berlatar belakang pelawak.


Rupanya bu Siti ini memang termasuk Menteri akademisi bukan politisi sehingga beliau benar-benar fokus menjalankan tugasnya sebagai menteri dan tidak seperti sebagian besar menteri lain yang lebih mengurusi masalah kepentingan kekuasaan parpolnya saja. Memang sih masih banyak pe-er masalah kesehatan yang belum tuntas diselesaikan bu Siti namun paling tidak bu Siti telah menunjukan niat dan kemauan untuk benar-benar melayani masyarakat. Maka dari itu bu Siti aku jadikan menteri favoritku saat ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sama, beliau juga menteri favorit gw! abis kayaknya orgnya kocak. dulu gw pernah ketemu waktu kunjungan ke rsud karawang, dan emang orgnya lucu hihihihi