Rabu, 28 November 2007

Selamatkan Combro

Topik yang lagi hangat dibahas oleh media saat ini adalah mengenai tuduhan pencurian seni budaya asli Indonesia oleh negara tetangga kita tercinta Malaysia. Sebetulnya Malaysia ngga salah-salah amat lantaran Indonesia dan Malaysia mempunyai akar budaya yang hampir sama dan juga Indonesia yang konon kaya akan seni budaya sepertinya gagal menjaga asetnya dengan baik sehingga membuat negara tetangga kita tersebut ngiler ingin mencuri. Mulai dari lagu daerah, kain batik hingga seni Reog Ponorogo telah diakui Malaysia sebagai budayanya. Memang sudah waktunya kita mulai peduli terhadap berbagai warisan budaya asli kita sebelum budaya tersebut dicuri dan diakui bangsa lain.

Membicarakan budaya asli aku tidak akan membahas topik yang berat-berat karena takut ngga nyampe ilmunya. Topik yang akan kita bahas sekarang ini mengenai makanan tradisional khas sunda yaitu combro alias oncom dijero. Aku rasa penganan combro ini termasuk makanan tradisional khas tanah sunda sebab aku tidak pernah menemukan combro di tempat lain (kecuali Jakarta yang masih tetanggaan). Combro yang terbuat dari parutan singkong campur kelapa dan pakai filling oncom pedas ini hampir bisa dijumpai di tukang gorengan di berbagai daerah di tanah sunda ini. Combro berisi oncom, oncom sendiri juga merupakan jenis makanan khas sunda juga. Jadi resmilah kalau combro merupakan salah satu heritage cuisine sunda.


Kembali ke masalah curi mencuri budaya, sudah saatnya pemda Jawa Barat untuk mempatenkan Combro dan Oncom. Jangan sampai ada pacik dan macik negeri jiran yang menyenangi combro tiba-tiba mendapatkan ide untuk mengembangkan combro di negerinya. Gimana mungkin combro yang berbahan dasar oncom ini bisa jadi jajanan khas Malaysia? Ya mungkin aja, tempe aja udah dipatenin negera lain jadi bukan ngga mungkin kalau oncom dan combro juga tiba-tiba diakui negara lain.


Mumpung belum terlambat, marilah kita selamatkan combro kalau perlu kalau ada warga asing (kecuali orang Malaysia) yang datang kenalkanlah mereka dengan combro biar mereka tahu kalau combro adalah makanan khas Indonesia atau Jawa Barat khususnya...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

I love combro

Anonim mengatakan...

Hi Ina, saya lagi iseng-iseng browsing & menemukan foto combro saya di postingan ini ... saya tidak keberatan hasil foto saya dipergunakan & saya tidak perlu dimintakan ijin, tapi saya lebih menghargai apabila dicantumkan sumber dari foto yang anda pakai, seperti kalimat yang anda pakai di sebelah kanan blog anda, "JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal. Hitung-hitung bersilaturahmi dan memperluas pergaulan, bukan?"

Terima kasih :)