Kamis, 29 November 2007

Blog 101

Tak terasa di blog ketigaku (inarciss.blogspot.com) ini jumlah tulisannya telah mencapai angka 101. Aku mengenal dunia blog tepat 3 tahun yang lalu yaitu pada November 2004, blog pertamaku itu kuberi nama Cuma Tulisan dengan alamat di http://inaif.blogspot.com/. Ketika itu aku ngeblog akibat efek dari kerajinan nonton seri Sex and The City. Disana sang tokoh utama Carrie adalah seorang penulis sebuah artikel untuk di surat kabar. Topik yang dibahas Carrie biasanya topik yang remeh temeh namun tetap menarik untuk dibahas. Kadang-kadang sambil ngopi di cafe, Carrie menulis artikelnya di laptop. Ketika menonton film tersebut aku membayangi enaknya jadi penulis lepas seperti Carrie tersebut yang tidak terikat oleh jam kerja. Berhubung agak mustahil untuk menjadi penulis betulan maka aku menggunakan media blog sebagai alat untuk menyalurkan cita-cita terpendam tersebut. Ternyata aku baru menyadari ternyata pekerjaan tulis menulis tidak semudah nampaknya apalagi kalau berposisi seperti tokoh Carrie yang pastinya ada deadlinenya. Tidak sampai sebulan ngeblog dan hanya menghasilkan 8 entri, aku langsung kehabisan ide dan tidak meneruskan lagi kegiatan tersebut.
Setelah kira-kira vakum dan melupakan kegiatan ngeblog tersebut, pada tahun lalu karena mendapat inspirasi dari temanku Riska, alu kembali mulai ngeblog. Kali ini aku ngeblog di blognya Friendster dan kuberi nama Inarciss karena semula aku hanya menulis seputar kenarsisan aku saja. Blog kedua ini dimulai dari bulan Desember 2006 dan rupanya kali ini aku sudah mulai niat menulis sehingga bisa bertahan cukup lama yaitu hingga bulan Juni 2007. Pada blog kedua ini aku mulai timbul obsesi lamaku untuk menjadi penulis kelas kampung sehingga aku mulai rajin untuk memposting tulisan aneka topik. Saking semangat dan senangnya menulis di blog hingga menjadi suatu addict, malam-malam sebelum tidur biasanya aku mulai sibuk memikirkan kira-kira akan membahas apa di blog besok. Walaupun sudah jadi addict kadang-kadang ada masa jenuhnya juga, ada juga suatu saat dimana aku mati ide sehingga sama sekali tidak punya topik untuk ditulis. Biasanya hal tersebut timbul akibat kepadatan kerja atau juga mood yang memang sedang kurang baik. Setelah 7 bulan ngeblog di friendster aku mulai merasa blog yang disediakan friendster kurang bisa didandani sehingga aku memilih untuk kembali menggunakan blogspot seperti blog pertamaku. Akhirnya setelah ngeblog selama 7 bulan dan telah menghasilkan 103 postingan terpaksa aku harus mengumumkan kepindahanku ke blogspot.
Walaupun pindah nama Inarciss tetap aku pertahankan karena aku sudah menganggap Inarciss adalah trademarkku. Sekarang aku sudah menjalani kegiatan ngeblog di inarciss.blogspot.com selama 6 bulan dan sudah memasukan posting ke-100 kemarin. Untuk saat ini aku belum punya rencana untuk pindah alamat lagi karena sudah merasa puas dengan fasilitas yang disediakan blogspot.

Tidak ada komentar: