Kamis, 08 November 2007

Mengejawantahkan


Ada satu kata dalam bahasa Indonesia yang setiap kali mendengar atau membacanya aku langsung takjub walaupun ngga ngerti artinya. Kata itu adalah "mengejawantahkan", rasa-rasanya kata tersebut sangat "berkelas" karena biasanya hanya digunakan dan diucapkan oleh orang-orang yang mempunyai pemahaman bahasa yang tinggi. Hampir tidak pernah aku mendengar kata itu dalam percakapan sehari-hari. Aku menemukan kata "mengejawantahkan" hanya di buku sastra, koran atau diucapkan oleh seorang pakar di televisi. Sampai-sampai aku ingin sekali-sekali menggunakan kata tersebut di dalam blogku ini supaya kesannya lebih nyeni dan berbobot.


Terus terang aku ngga ngerti artinya tapi sepertinya "Mengejawantahkan" berkata dasar "Jawantah", lagi-lagi aku makin gelap akan arti kata tersebut. Kumasukan kata "mengejawantahkan" sebagai keyword pencarian di Google dan voila hasilnya ada 13200 webpage yang menggunakan kata tersebut. Namun ketika kubuka halaman-halaman awal dari hasilnya, sama sekali tidak ada yang menerangkan artinya. Palingan aku dapat contoh contoh kalimat yang memakai kata tersebut seperti "Mengejawantahkan Kearifan Ekologis" atau "Untuk mengejawantahkan pemenuhan standar HAM Komnas HAM perlu mendesak...". Beberapa contoh kalimat tersebut ternyata masih belum dapat memberikan penjelasan yang jelas untukku. Mungkin seharusnya aku harus membuka kamus besar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Balai Pustaka.


Dari contoh-contoh kalimat yang aku lihat di Google, aku mereka-reka artinya kurang lebih sama dengan "mewujudkan". Iseng-iseng aku cari arti bahasa inggrisnya di sederet.com
dan bahasa inggrisnya adalah "manifest, materialize". Oh jadi "Mengejawantahkan" itu bisa menggantikan kata "memanifestasikan". Hi...hi... lagi-lagi sebuah kata yang ngga terlalu aku pahami, mungkin ini akibat kata-kata tersebut bukan termasuk kata yang umum diucapkan sehari-hari.


Ternyata setelah seumur hidup menggunakan bahasa Indonesia tetap saja banyak kata-kata yang tidak aku mengerti. Memang ngga penting banget topik bahasan blogku kali ini tapi paling ngga aku sudah tidak penasaran lagi karena telah berhasil mengejawantahkan kata "mengejawantahkan" yang agung itu dalam blogku...

1 komentar:

Ira Febb mengatakan...

pikiran aku terwakilkan sm kamuu hihihihi *tos