Jumat, 18 April 2008

Benny & Mice


Malam tadi di acara talkshow K!ck Andy di MetroTV menampilkan duo kartunis kocak favoritku yaitu Benny & Mice. Benny Rachmadi (Benny) dan Muhammad Misrad (Mice) setiap minggunya rutin mengisi strip kartun di harian Kompas dengan judul yang sangat narsis yaitu memakai nama mereka sendiri “Benny dan Mice”. Tapi ternyata anggapan mereka berdua itu mahluk narsis tidak sepenuhnya benar karena alasan mereka berdua menjadi diri mereka sendiri sebagai tokoh utama karena takut ada orang lain yang tersinggung. Jadi untuk amannya mereka menggunakan diri mereka sendiri sebagai bahan olok-oloknya.

Kartun yang mereka tampilkan dalam Kompas Minggu sungguh sangat menggelitik karena memotret berbagai kejadian yang lagi in di masyarakat mulai dari soal fashion hingga masalah-masalah sosial di masyarakat. Seperti pada edisi hari Minggu lalu dimana mereka menampilkan kartun seputar tren penggunaan kafiyeh yang di populerkan oleh Nidji. Diceritakan si Mice tertarik untuk mengikuti tren fashion yang berasal dari timur tengah tersebut dan..... Yang dilakukan Mice adalah malah memakai pakaian ala Aladdin dengan alasan kalau busana yang dipilihnya lebih bernuansa timur tengah. Bakal penampilan mereka di Kick Andy pun sebetulnya sudah mereka isyaratkan pada kartun mereka edisi beberapa minggu lalu. Waktu itu diceritakan kalau mereka berdua sibuk beli sepatu bola baru. Ketika ditanya mau main dimana, mereka bilang mau main di stasiun TV dalam acara Kick Andy.

Kemunculan Benny dan Mice dalam Kick Andy ada hubungannya dengan buku kumpulan kartun yang diberi judul “ 100 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta”. Ternyata penampilan fisik keduanya tidak sehancur seperti pada gambaran di kartun “Benny & Mice”. “100 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta” memang benar-benar berisi 100 tokoh yang banyak bisa kita temui dalam keseharian orang Jakarta. Tapi jangan harap ada tokoh populer disini sebab tokoh yang dimaksud mereka hanyalah anggota masyarakat biasa dengan berbagai latar belakang. Mungkin saja ada anda sendiri yang masuk disitu. Para tokoh tersebut digambarkan secara kocak lengkap dengan keterangannya dan berbagai komen tanpa maksud untuk melecehkan.

Untuk lebih menghidupi acara, Andy Noya juga mendatangkan tokoh nyata dari kehidupan sehari-hari untuk dibandingkan dengan tokoh yang direka-reka oleh Benny dan Mice. Maka datanglah Ferry Salim sebagai si cowok metroseksual, lalu ada Penuntun Binatang di Mall, JaMet alias Jawa Metal (salah satu tokoh di 100 tokoh yang sukses bikin aku tertawa terpingkal-pingkal), Pemuda Terjebak Masa Lalu (kalau yang ini versi nyatanya lebih lucu dan asli jadoel banget), tukang kerak telor, banci salon dan hansip.

Dalam buku “100 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta” yang disebut tokoh itu bukan hanya manusia saja tapi juga ada benda lainnya seperti si tokoh penutup yaitu Anthurium. Yap fenomena Anthurium ini memang sangat fantastis, gara-gara si tumbuhan elit ini manusia bisa melakukan hal-hal yang gaib. Selain menampilkan 100 kartun tokoh, mereka juga memberikan bonus 5 cerita komik yang lucu namun sangat menggugah hati. Yang aku suka dari Benny dan Mice adalah cerita kartun mereka yang ringan dan tidak sok menjudge sesuatu dengan cara yang nyinyir.

2 komentar:

Leo Tigor mengatakan...

Permisi. Cuma mau ngasih tahu. Kartun Benny & Mice: Jakarta Atas Bawah segera terbit pada pertengahan September! Informasi dan pemesanan bisa dilihat di www.nalar.co.id

Anonim mengatakan...

Typically the workouts outlined p90x video order lean during the program are
usually to transform your body with the P90 X workout is staying accountable.

This is designed so that your body learns workouts can be broken
up without losing too much benefit. Different bodies need work
up a mediocre sweat though.

My website: wiki.oxtli.Com.mx