Sabtu, 12 April 2008

Drama Idol

Jumat malam lalu iseng-iseng aku menonton Indonesian Idol di RCTI yang masih dalam tahap seleksi dari kampung ke kampung. Awalnya aku merasa cukup terhibur apalagi kalau ada yang lucu-lucu atau melihat kelakuan peserta yang over pede. Tapi lama-lama aku agak terganggu dengan banyaknya cerita-cerita sedih pesertanya yang diekspos. Bukannya tidak empati, tapi sepertinya yang ditampilkan oleh Indonesian Idol itu sudah terlalu berlebihan. Padahalkan hakekatnya acara ini adalah mencari bibit-bibit penyanyi.


Rupanya airmata telah menjadi komoditas yang lagi laku-lakunya dijual di TV Indonesia. Keberhasilan Fery AFI yang anak tukang becak telah menginspirasi para idol wannabe untuk menunjukan kesusahan hidup mereka agar bisa mendapat simpati juri dan penonton tentunya. Mulai dari peserta yang ngakunya ditinggal pergi sang ayah dan ibunya masuk penjara sampai ada yang mengaku sebagai tulang punggung keluarga. Belum apa-apa ada peserta yang sudah mengatakan kalau ajang Indonesian Idol telah mengubah hidupnya padahal babak eliminasi saja belum terlewati yang berarti perjalanan masih panjang.


Kadang-kadang taktik mengumbar cerita sedih untuk menarik simpati juri cukup sukses juga, lantaran ada saja perjadi serta yang sebetulnya kemampuan nyanyinya biasa saja namun bisa lolos ke babak eliminasi karena dia punya kisah hidup yang menyedihkan. Ada juga peserta lain yang berkemampuan sama namun tidak lolos karena kisah hidupnya biasa saja. Kecendrungan tidak hanya terjadi di ajang Indonesian Idol namun terjadi juga di berbagai acara reality show yang menggunakan banyaknya sms sebagai indikator kemenangan.


Aku jadi bingung Indonesian Idol ini acara pencarian bakat penyanyi atau mencari seorang drama queen baru sih? Kalau memang mencari penyanyi baru ya udah fokus aja kesuaranya tanpa perlu obral airmata. Drama queen dan drama king ngga perlu lagi dicari sebab udah banyak di Indonesia ini. Tidak sedikit artis sinetron yang mulai ngga laku dengan sengaja membuat sensasi agar masuk acara infotainment sehingga akan menarik perhatian orang lagi. Ngga Cuma artis, para pejabat juga terutama anggota dewan yang jago main drama.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

dunia ini memang panggung sandiwara.. ceritanya mudah berubah
ada peran wajar dan ada peran berpura-pura
semestinyalah kita berperan seperti yang di berikan sang khalik

Anonim mengatakan...

The how to p90x diet is one of the newest and cannot do without when it comes
to exercise. Snack: 2 as blood thinners and anti-depressants.


Look into my site - read more…