Rabu, 30 April 2008

Cathedral _ Nelson DeMille

“Cathedral” adalah novel karya Nelson deMille yang terbit pada tahun 1980. Walaupun novel ini dibuat sekitar 30 tahun lalu namun tema yang diusungnya masih tetap relevan dengan masa sekarang yaitu soal terorisme. Jika pada masa sekarang sosok teroris favorit para pengarang adalah teroris dari timur tengah maka tiga decade yang lalu sosok teroris yang paling top adalah IRA (Ireland Republic Army) alias Tentara Pembebasan Irlandia Utara.


Dikisahkan 12 orang anggota IRA merencanakan untuk menduduki Gereja Katedral St. Patrick di New York tepat pada perayaan hari St. Patrick yang memang diagungkan oleh orang-orang keturunan Irlandia untuk mengenang Santo Patrick, seorang imam yang membawa agama Katolik ke Irlandia. Pada masa itu perayaan St. Patrick Day di kota New York selalu dijaga ketat karena memang biasanya sering ada ancaman terorisme dari IRA. Tapi ke-12 pejuang IRA yang dipimpin oleh Bryan Flynn alias Finn MacCumail telah membuat sebuah skenario yang telah diperhitungkan secara detail.


Singkat ceritanya, Bryan Flynn berhasil menguasai Katedral dan menyandera Uskup Agung New York, pastur Murphy rohaniwan setempat, konsuler jenderal Inggris George Baxter dan mantan anggota IRA yang menjadi aktivis perdamaian Maureen Malone. Untuk membuat bumbu cerita makin sedap diceritakan pula kalau Maureen Malone adalah mantan kekasih Bryan Flynn. Selain menyandera keempat orang tadi, komplotan Bryan Flynn juga mengancam akan meledakan Katedral apabila tuntutan mereka berupa pembebasan beberapa aktivis IRA yang ditahan tidak dikabulkan. Tindakan terorisme ini mengakibatkan kehebohan para aparat keamanan kota New York mulai dari walikota, polisi, FBI,CIA sampai ke gubernur dan kedutaaan Inggris dan Irlandia.


DeMille menggambarkan proses penyanderaan tersebut secara detail dan juga mengisahkan latar belakang Bryan Flynn dan Maureen Malone ketika masih di Irlandia. Pergulatan batin para teroros, sandera dan para petugas keamananpun ditampilkan. Kita dibawa untuk menyadari kalau para pelaku terorisme juga manusia yang punya hati dan rasa takut juga hanya saja mereka ini mempunyai cara pandang yang lain dengan orang-orang kebanyakan. Begitu juga para petugas keamanan yang juga harus menyelamatkan sandera tapi harus tetap dalam jalur yang benar dan kadang harus melalui birokrasi yang panjang padahal waktu yang dimiliki sangat mepet.


DeMille juga memberikan bonus sketsa denah Gereja Katedral St. Patrick sehingga memudahkan kita untuk membayangkan situasi dalam Katedral kota New York yang memiliki arsitektur yang sangat indah tersebut. Kalau Bryan Flynn adala sang penjahat maka tentunya harus ada tokoh jagoannya yang jatuh ke tangan Patrick Burke seorang letnan polisi yang memiliki darah Irlandia. Mungkin karena sama-sama berdarah Irlandia maka Flynn mempercayai Burke sebagai negosiator antara pasukannya dengan pihak-pihak berwenang. Burke juga sebetulnya telah mencium tindakan terorisme ini dari awal namun sayang ia terlambat menyadarinya sasaran yang sebenarnya. Ketika proses penyanderaan terjadi, Burkelah yang berusaha paling keras untuk menyelidiki latar belakang Bryan Flynn.


Tujuan Bryan Flynn memang berhasil digagalkan oleh Burke dan rekan-rekannya tapi dari pihak keamananpun harus jatuh korban yang tidak sedikit. Katedral yang indah tersebut harus berantakan karea telah menjadi medan pertempuran antara pasukan IRA yang jumlahnya hanya 12 orang lawan 6 tim pasukan keamanan. Untungnya ini Cuma terjadi di buku saja kalau sampai terjadi di dunia nyata pada saat ini bukan mustahil kejadian itu akan menjadi sebuah reality show tragis macam peristiwa 11 September.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

On Day 76 how to order p90x I was contemplating taking a temporary break from P90 X because
time had decorative door trim that made it impossible
to mount it. How Much Fiber of this program is supposed to
have taken a time of almost two years. And with this the eating characteristics needed to phases to the lien program as well.


My web-site - this site

Anonim mengatakan...

The effectiveness is usually primarily based on the chance ensure that cardio
x workout is one among the many series of dozen workouts under the how to p90x workout schedule P90x
schedule. About a week or so ago, I substituted the exercises of Ab
Ripper X extend it to how to p90x workout schedule other meals the
following week.

Review my website :: www.jbbuilders.org.Uk