Rabu, 23 April 2008

Foto Bareng Seleb

Seorang teman dengan bangganya menunjukan fotonya bersama dengan seorang mantan presiden RI. Temanku itu sedang ada pekerjaan di Singapore, ketika berkunjung ke sebuah restaurant di negeri Singa tersebut ia bertemu dengan sang mantan presiden. Kesempatan langka itu tidak ia sia-siakan dengan mengajak sang mantan presiden untuk berfoto bersama. Temanku cukup surprise juga sebab selama di Indonesia kesempatan bertemu dengan pejabat sekelas beliau itu sangat susah tapi di negeri orang justru lebih mudah.


Terlihat sekali perbedaan gaya berfoto seorang negarawan dengan seorang rakyat jelata seperti temanku itu. Si mantan presiden gaya berfotonya sangat formil sekali dalam pose yang sempurna sedangkan temanku tersenyum cengengesan dengan sikap tubuh yang nampak agak salting. Si mantan presiden tentunya sudah biasa menghadapi para fans yang meminta berfoto bersama sehingga beliau tentu sudah punya pose andalan yang keluar secara otomatis. Bagi temanku yang baru sekali bertemu dengan beliau tentunya sangat grogi sekali jadinya ngga heran kalau posenya jadi nampak aneh.


Dengar-dengar si mantan presiden ini mau mencalonkan dirinya lagi dalam pemilu nanti, makanya ngga heran kalau permintaan kecil seperti minta foto bareng seperti yang dilakukan temanku itu mau beliau lakukan dengan senang hati. Mungkin si mantan presiden menyangka temanku itu adalah seorang TKW jadi beliau pikir lumayan juga kalau si “TKW” ini senang, siapa tahu dia akan cerita-cerita sama teman kerjanya di rantau dan tentu saja keluarganya di kampung sana. Paling tidak pada pemilu nanti ada sumbangan suara dari para TKW di singapore dan orang-orang sekampungnya. Perkiraan si mantan presiden tidak salah juga sebab ayah temanku itu adalah seorang ketua RT jadi lumayanlah si mantan presiden kalau jadi ikut pemilu lagi bakal dapat suara bulat dari orang seRT.


Aku sudah membayangkan kalau temanku itu akan mencetak besar-besar fotonya dengan si mantan presiden lengap dengan figura yang bagus dan akan dipajang di ruang tamu rumahnya. Jadi ingat waktu hari minggu kemarin aku jajan di sebuah warung nasi padang di pasar Jatinegara. Di warung itu terdapat foto si uda pemilik warung dengan Chris John dalam pose sedang saling mengepalkan tangan. Aku pikir Chris John pernah makan di warung itu, setelah ditanya langsung ke si uda ternyata ia berfoto dengan Chris John di tempat lain ketika tak sengaja juga bertemu dengan si juara dunia tinju tersebut. Kebayangkan foto bareng Chris John aja dipajang apalagi foto bareng dengan mantan presiden.

Tapi kayanya kalau ketemu dengan mantan presiden aku juga akan mengajak berfoto bareng he...he... Berfoto dengan mantan presiden atau juara dunia tinju lebih layak daripada berfoto sama bintang sinetron. Aku sering juga sih bertemu dengan artis-artis lokal tapi maaf aku ngga kepingin foto bareng mereka kecuali kalau taraf kebintangannya sekelas Christine Hakim atau Anggun yang reputasinya udah diakui secara internasional. Aku juga pernah tak sengaja ketemu pak pejabat yang kemarin baru aja kalah dalam pilkada di sebuah pameran. Berhubung aku ngga begitu respek terhadap beliau aku juga ngga berminat minta foto bareng padahal waktu itu lagi sepi dan si bapakpun nampak sedang senyum-senyum.

Tidak ada komentar: