Sabtu, 26 Januari 2008

Coba 3

Sudah beberapa hari ini jaringan Telkomsel di area Cipinang Cempedak seperti orang kena stroke, lumpuh atau paralized istilah kerennya. Di layar HP sepertinya nampak ada signal tapi tidak bisa dipakai sms, ngga bisa menelepon keluar dan bahkan menerimapun sulit. Semula aku kira hanya HPku saja yang bermasalah sebab waktu hari Rabu dimana pertama kali jaringan Telkomsel ini bermasalah aku baru saja habis menonton Otomatis Romantis di bioskop. Demi kenyamanan aku aktifkan silent mode pada HPku, waktu itu aku lakukan dalam kegelapan sehingga aku sempat berfikir jangan-jangan aku ada salah pencet sehingga memblok sistem HPku. Kekuatiranku ternyata tidak terbukti ketika keesokan harinya di kantor aku kembali mendapatkan signal Telkomsel secara normal. Selama ini aku merasa sudah cukup memiliki satu buah HP dengan menggunakan Telkomsel yang telah aku pakai sejak dari dulu, bagiku yang penting HPku bisa dipakai menelepon dan SMS kapan saja dan dimana saja. Promosi operator CDMA atau GSM yang menawarkan paket mengobrol murah sama sekali tidak aku lirik sebab aku bukan tipe miss ring-ring yang hobi ngobrol di telepon.

Sampai hari Jumat sore kemarin jaringan Telkomsel di tempatku itu masih lumpuh, aku cukup kesal sehingga aku terpaksa memilih untuk selingkuh ke operator lain untuk sementara. Maka pergilah aku ke sebuah kios kecil penjual kartu perdana dan voucher pulsa, disana aku cukup kebingungan memilih paket perdana selain punyanya Telkomsel. Akhirnya aku putuskan untuk tidak menggunakan big 3 GSM Indonesia (Telkomsel, Indosat dan Excelcom) dan memilih untuk mencoba si pendatang baru 3. Aku memilih 3 tanpa pertimbangan apapun hanya sekedar iseng pingin tahu kemampuan si Tri ini. Namanya juga coba-coba sehingga proses registrasinyapun aku isi asal-asalan. Belum selesai proses registrasi, aku sudah mendapatkan berondongan sms dari 3 sendiri yang mempromokan program-programnya.

Program yang di promosikan 3 antara lain telepon Rp.1 /menit tapi ke sesama 3 dari jam 1 pagi sampai jam 1 siang tapi maximal cuma 1 jam saja per hari ha...ha... SMS ke sesama 3 gratis terus tapi harus isi pulsa Rp. 10.000 per 30 hari uhmm... Ngga peduli sih sama program ini secara aku juga ngga punya teman yang pakai 3. Lalu ada promo bicara setengah harga tapi harus registrasi dulu, setelah registrasi yang memang gratis aku ternyata masih harus mengisi pulsa 10 ribu dulu baru promo setengah harganya berlaku. Aku turutin saja syarat dan ketentuan yang tak pernah disebut-sebut sebelumnya dalam promosi awal. Setelah itu aku baru tahu kalau bicara ke operator lain biaya permenitnya Rp. 1000 dan interlokal adalah Rp. 2000 (belum PPN) karena ikut promo setengah harga jadinya biaya ke operator lain jadi Rp. 500/menit dan interlokal Rp. 1000. Ehmmm ngga mahal juga tarifnya. Untuk SMS ke operator lain tidak ada promosi tapi tarifnya cukup reasonable yaitu Rp. 100 plus PPN 10%. Bandingkan dengan Simpati yang bertarif Rp. 350, memang Telkomsel ini lintah darat penghisap pulsa konsumen.

Selama ini aku sebagai konsumen Telkomsel yang terkenal mahal jadi segera menganggap 3 murah banget tapi ngga tahu juga kalau si 3 kita bawa kedaerah pinggiran apakah dia masih bisa aktif? Ada lagi satu kekurangan 3 yang aku rasa sangat perlu untuk segera diperbaiki yaitu 3 tidak punya fitur cara untuk mengecek biaya pemakaian terakhir konsumen, seperti misalnya di Simpati dengan memijit *887#. Padahal fitur tersebut berguna untuk pengecekan apakah biaya yang telah kita keluarkan sesuai dengan tarif yang telah ditentukan. Kalau saja si 3 ini telah memiliki area jangkauan yang luas tapi masih mempertahankan tarif masuk akalnya ini, bukan tidak mungkin banyak konsumen GSM lain yang akan beralih ke si 3 ini.

Tidak ada komentar: