Rabu, 16 Januari 2008

O, Tempe, where art thou? (part 2)

Tempe yang selama ini dikenal sebagai makanan rakyat Indonesia tiba-tiba menghilang dari pasaran, penyebabnya adalah unjuk rasa dan pemogokan yang dilakukan para pengrajin tempe akibat kenaikan harga kedelai sebagai bahan baku tempe yang melonjak tinggi. Usut punya usut ternyata Amerika Serikat sebagai importir kedelai sengaja menaikan harga kedelai karena meningkatnya permintaan kedelai dari dalam negeri Amerika. Sebuah fakta baru terungkap, bukan cuma Malaysia yang membajak tempe, ternyata Amerika Serikat juga ikutan membuat tempe. Bahkan disana tempe bukan cuma jadi makanan rakyat jelata tapi juga sudah merambah jadi makanan para pesohor Hollywood. Berikut ini beberapa pesohor yang tertangkap basah kamera wartawan sedang mengkonsumsi tempe.

1. Vin Diesel
Si Botak seksi pemeran jagoan super dalam XXX ini ternyata penggemar berat tempe, terutama kalau diolah jadi tempe bacem. Seperti bisa dilihat pada gambar dimana terlihat Vin Diesel begitu menikmati hidangan tempe bacem ukuran jumbonya. Vin Diesel biasa makan tempe bacem bersama urap sayuran dan tahu tapi tidak pakai nasi soalnya nasi ngga bagus untuk pertumbuhan ototnya. Sebagai aktor macho pemeran jagoan, Vin Diesel harus selalu tampil prima dengan otot-otot kekar yang menonjol namun ternyata dia menderita alergi telur, setiap kali makan telur selalu timbul bisul-bisul padahal untuk menghasilkan otot besar diperlukan banyak protein dari telur. Masalah Vin Diesel ini terdengar sampai pada telinga pakar binaraga Indonesia Ade Rai. Ade Rai memperkenalkan tempe kepada sang aktor sebagai makanan kaya protein alternatif pengganti telur. Setelah mencoba beraneka hidangan tempe yang ditawarkan Ade Rai, Vin Diesel paling suka dengan tempe bacem yang rasanya manis-manis gurih. Tentu saja ukuran tempe bacem untuk Vin Diesel disesuaikan dengan ukuran tubuhnya juga yang besar.

2. Mischa Barton
Si cantik Mischa Barton sang kembang dalam serial TV favorit anak muda "The OC" ini rupanya masih ada turunan Purwokerto, buktinya dia sangat suka sekali melahap tempe mendoan. Sebetulnya si Mischa ini paling senang makan tempe mendoannya pakai tangan langsung lengkap dengan cabai rawitnya namun berhubung sudah jadi selebritis dunia yang ngga bisa makan sembarangan lagi maka kalau sedang di depan publik si Mischa ini terpaksa harus jaga image, makan tempe mendoannya dengan menggunakan garpu . Tempe mendoan yang umum dijual di Indonesia memang sangat berminyak tapi khusus untuk Mischa, tempe mendoannya digoreng dengan sedikit minyak dengan menggunakan penggorengan anti lengket dari teflon. Bagaimanapun sebagai bintang muda yang masa depannya masih panjang Mischa harus tetap menjaga kelangsingan bentuk tubuhnya.



3. Britney Spears
Neng Britney Spears yang sedang stress berat lantaran gagal dalam perebutan hak asuh anak dengan sang mantan suami Kevin Federline sering bolak-balik masuk panti rehabilitasi narkoba dan alkohol. Di salah satu pusat rehab yang terakhir ia kunjungi, dokter menyarankan apabila sedang stress daripada ngeganja lebih baik ngemil tempe yang mengandung sejumlah boron yang berguna untuk meredam stress. Kebetulan juga Britney bertemu dengan Mischa Barton di sebuah pesta di Hollywood dengan senang hati Mischa memberikan Britney beberapa potong tempe mendoan kesukaannya. Rasa tempe mendoan yang legit segera menjadi makanan favorit Britney bahkan saking doyannya ketika sedang nyetirpun dengan cueknya Britney tetap ngemil tempe mendoan .

4. Liv Tyler
Liv Tyler berkenalan dengan tempe ketika sedang liburan di Bali. Liv yang vegetarian ini langsung jatuh cinta terhadap makanan eksotik khas Indonesia ini walaupun pada awalnya Liv sempat ragu terhadap makanan yang nampak seperti kumpulan kacang busuk. Namun setelah sekali mencoba Liv segera memutuskan untuk memasukan tempe dalam menu makanannya sehari-hari sebagai sumber protein pengganti daging. SEbagai vegetarian kadang-kadang Liv sering kangen dengan steak namun dengan kekreatifitasannya, Liv berhasil menemukan resep baru yaitu Steak Tempe. Walaupun steak tempe empuk namun cara makannya tetap pakai pisau dan garpu seperti layaknya orang makan steak daging.
5. Hillary Swank
Semua orang tahu kalau Hillary Swank mendapatkan piala Oscar sebagai aktris terbaik berkat penampilan gemilangnya dalam film "Million Dollar Baby", tapi tak banyak yang tahu kalau salah satu penyebabnya adalah tempe. Kok bisa? Gini ceritanya... Di film tersebut Hillary Swank harus memerankan tokoh petinju wanita, untuk menghidupakn tokoh tersebut ia harus latihan tinju dan tentu saja membentuk tubuhnya jadi berotot. Ketika sedang latihan di Gym, Hillary Swank curhat kepada Vin Diesel soal kebosanan akan telur. Vin Diesel yang sudah merasakan manfaat tempe terhadap otot tubuhnya tanpa ragu-ragu merekomendasikan tempe kepada Hillary Swank. Terbukti Hillary Swank sukses memerankan tokoh petinju wanita tersebut dengan meyakinkan hingga mendapatkan piala Oscar. Sama seperti Liv, Hillary juga memodifikasi tempe menjadi burger tempe agar terasa lebih familiar dilidahnya.
6. Jennifer Garner
Nyonya Ben Afflect yang sangat sering memerankan sosok perempuan jagoan ini memang punya tubuh yang sangat atletis. Tokoh Agent Sidney Bristow dalam serial TV "Alias" dan tokoh Elektra dalam film "Daredevil" dan "Elektra" adalah contoh bagaimana perkasanya Jennifer Garner. Walaupun bertubuh atletis, Jennifer Garner juga masih terlihat feminin dan seksi. Ini semua berkat kegemaran Garner mengkonsumsi tempe sejak masa remaja yang dikenalnya dari mantan tetangganya yang imigran Indonesia ketika ia masih tinggal di kampungnya di Houston Texas. Jennifer Garner ini sudah sangat gape mengolah tempe hingga menjadi berbagai hidangan model baru. Salah satu penemuannya adalah seperti yang terlihat pada gambar adalah makanan sejenis kroket yang berasal dari tempe. Setelah resmi jadi istri Ben Afflect, Jennifer Garnerpun tak lupa mengenalkan Tempe kapada sang suami dan keluarganya bahkan pada perayaan Thanksgiving dan Natal, hidangan kreasi tempe buatan Jennifer Garner jadi makanan favorit keluarga besar Afflect-Garner.
7. Dick Cheney
Penggemar tempe di Amerika Serikat ternyata bukan cuma kalangan rakyat dan selebritis saja tapi sudah juga ke kalangan pejabatnya. Ini dia biang kerok kelangkaan tempe di Indonesia, wapres AS Mr. Dick Cheney yang sengaja menaikan harga jual kedelai Amerika kepada Indonesia supaya kedelai Amerika tidak banyak keluar sehingga pengrajin tempe Amerika mempunyai banyak stok kedelai. Namun tidak seperti para kaum selebritis Hollywood yang ngga malu-malu menunjukan kegemaran mereka akan tempe, Dick Cheney masih harus menyembunyikan hobinya tersebut. Lantaran menurut menteri pertahanan AS Donald Rumsfeld yang pada photo berada disebelahnya,
makan tempe dimuka umum tidak bagus untuk citra pejabat publik Amerika nanti kesannya pejabat Amerika bermental tempe, "Apa kata dunia" begitu kata Rumsfeld yang meniru ucapan Naga Bonar.

Tidak ada komentar: