Senin, 14 Januari 2008

Superhero Ramah Lingkungan

Mari kita membicarakan issue yang lagi top-topnya dibahas di seluruh dunia yaitu soal global warming. Salah satu upaya untuk mengurangi efek negatif dari global warming adalah dengan menggalakan kegiatan yang ramah lingkungan. Mulai dari bahan bakar kendaraan hingga bungkus makanan diupaya agar bisa masuk dalam kategori ramah lingkungan. Tidak cuma manusia biasa yang diharapkan sadar untuk menjaga lingkungannya, superheropun diharapkan ikut peduli akan keadaan lingkungan bumi ini. Ternyata setelah dicermati sebagian besar superhero sangat tidak ramah lingkungan. Analisanya adalah sebagai berikut :





1. Batman
Si manusia kalong ini paling tidak ramah lingkungan, kok bisa? Batman yang sebetulnya hanya manusia biasa yang tidak mempunyai kekuatan super memakai beraneka macam gadget canggih untuk membantunya dalama usaha memberantas kejahatan. Gadget-gadget canggih Batman antara lain bat-mobile yang entah pakai bahan bakar apa tapi yang jelas canggihnya banget. Kalau dilihat dari kemampuan ngebutnya, batmobile ini berbahan bakar sejenis bensin untuk balap F1 yang dah pasti sangat boros dan menghasil emisi karbon yang sangat banyak. Selain batmobile masih ada juga batcycle, batboat, bat-sub dan batplane a.k.a. batwing, semuanya memerlukan bbm untuk pengoperasiannya karena ngga mungkin pakai tenaga matahari lantaran Batman beroperasi pada malam hari. Mungkin sudah waktunya Batman mencari bahan bakar alternatif karena sebagai superhero Batman harus menyelamatkan kehidupan umat manusia bukan hanya dari para penjahat saja tapi juga dari ancaman global warming.

2. Spiderman
Kalau si manusia laba-laba ini memang nampak tidak mengeluarkan emisi yang berbahaya bagi ozone seperti si Batman, palingan cuma gas CO2 yang berasal dari nafasnya. Tapi jangan lupa si Spidey ketika jadi manusia biasa alias Peter Parker untuk pergi kemana-mana selalu memakai scooter butut kesayangannya. Terlihat sekali kalau scooter bobrok tersebut jarang mendapat perawatan yang mumpuni sehingga bisa dipastikan kadar emisi karbonnya sangat tinggi. Oh ya satu lagi, ada yang pernah mikir ngga ya kalau jaring laba-laba yang dipakai si Spidey ketika melewati gedung-gedung bertingkat itu siapa yang bersihin ya??? Berarti sebetulnya si Spiderman termasuk superhero yang membuat sampah terbesar melalui sisa jaring laba-labanya.


3. Wonder Woman
Cewek jagoan yang satu ini sebetulnya tidak secara langsung merusak lingkungan tapi secara pakaiannya yang seksi banget bisa bikin mata laki-laki normal manapun untuk meliriknya apalagi memang body si Wonder Woman ini memang yahud punya. Kalau Wonder Woman berdiri di pinggir jalan dengan kostum seksinya bisa-bisa terjadi tabrakan beruntun dan pengaruhnya kepada lingkungan adalah akibat tabrakan itu menyebabkan sampah penambahan sampah B3 (Bahan Berbahaya Beracun) dari sisa-sisa kendaraan yang hancur berantakan.



4. Hulk
Semua orang tahu kalau David Banner berubah jadi Hulk pakaiannya akan langsung koyak-koyak. Bayangkanlah berapa baju yang dihabiskan oleh David Banner dalam setahun kalau setiap kali dia berubah menjadi Hulk besoknya dia harus membeli baju baru. Itu sih belum seberapa, kalau si Hulk lagi marah kadang-kadang dia suka pakai acara nyabut-nyabut pohon segala. Orang lain sekarang lagi sibuk penghijauan eh si mahluk hijau gede ini mentang-mentang kuat banget malah seenaknya nyabutin pohon demi melampiaskan amarahnya.


5. Johnny Storm a.k.a. Human Torch (Fantastic Four)
Si manusia obor ini dah pasti jadi pahlawan penghasil gas karbondioksida alami terbesar. Kalau Batman jadi penyumbang emisi karbon karena gadgetnya maka si Human Torch secara alami mengeluarkan gas karbondioksida dari sisa pembakaran yang berasal dari tubuhnya yang selalu menyala-nyala.







6. Superman
Pahlawan favorit umat manusia yang sebetulnya bukan manusia tapi alien (karena berasal dari planet asing) ini adalah superhero paling ramah lingkungan. Disamping tidak pernah pakai gadget seperti Batman, Superman juga sama sekali tidak menyumbang emisi karbon karena dia tidak memerlukan oksigen untuk bernafas yang nantinya akan mengeluarkan gas karbon dioksida. Superman bisa terbang sehingga tidak memerlukan pesawat terbang atau mobil jika ingin bepergian.





7. The X-Men
The X-Men yang merupakan kumpulan mutan dengan aneka kelebihan yang berlainan. Ada juga yang mempunyai kekuatan yang kurang ramah lingkungan seperti misalnya si Pyro yang mempunyai kehebatan dalam mengontrol api, sama seperti si Johnny Storm si Pyro juga menjadi penghasil emisi karbon alami. Tapi sebetulnya X-Men berpotensi jadi pahlawan lingkungan juga, kalau di sebuah negara sedang kekeringan bisa dipanggil si Storm untuk mendatangkan hujan atau meniup awan hujan ke laut apabila suatu daerah sudah nyaris terendam banjir. Dan si Iceman bakalan jadi pahlawan global warming karena kemampuannya membuat beku suatu benda sangat berguna untuk membekukan kembali es di kutub yang telah mencair akibat efek global warming.

Tidak ada komentar: