Senin, 07 Januari 2008

The Lazarus Vendetta - Patrick Larkin

The Lazarus Vendetta dimulai dengan eksperimen mutakhir sejumlah ilmuwan di sebuah fasilitas penelitian bernama The Teller Institute di Santa dengan menggunakan nanotechnologi. Nanotechnology ini sebetulnya sangat berguna untuk memperbaiki taraf hidup manusia namun bisa sangat berbahaya bila jatuh ke tangan yang salah maka tidak heran kalau keamanan di fasilitas penelitian tersebut sangat ketat sekali. Ternyata banyak juga yang tidak setuju dengan kegiatan pengembangan nanotechnology ini sehingga banyak menerima protes dari para demonstran yang tergabung dalam sebuah organisasi bernama The Lazarus Movement. The Lazarus Movement ini bergerak di bidang lingkungan hidup yang dipimpin oleh seorang sosok rahasia yang mempunyai nama sandi Lazarus. Ditengah gencarnya demonstrasi besar-besaran yang dilakukan oleh The Lazarus Movement di depan The Teller Institute, tiba-tiba datanglah sekelompok penyusup yang mensabotase fasilitas tersebut serta melakukan penyerangan terhadap para demonstran sehingga menimbulkan dan kepanikan luar biasa. Akibatnya terjadi kebocoran dalam fasilitas yang mengakibatkan jatuhnya banyak korban jiwa dan anehnya para demonstran yang berada diluarpun seperti terkena radiasi dari efek nanotechnology yang mirip dengan penyakit ebola yaitu pendarahan dari dalam tubuh yang sangat luarbiasa dan hanya dalam hitungan menit orang tersebut akan tewas dalam keadaan mengenaskan seperti es krim yang meleleh.

Letkol Jon Smith sang jagoan kita yang pada saat kejadian kebetulan berada di Teller Institute dengan kapasitas sebagai ilmuwan tamu berhasil meloloskan diri dari kejadian tersebut. Hal ini otomatis membuat dirinya harus terjun langsung untuk menyelidiki kejadian yang memilukan tersebut. Jon Smith dalam menjalankan misinya mendapat bantuan dari sobat lamanya yang juga mantan agen rahasia Inggris. Dan sekali lagi Jon Smith harus bertemu kembali dengan mantan calon adik iparnya yang anggota CIA Randi Russell yang kebetulan juga sedang menyelidiki kasus Lazarus Movement ini.



Dari hasil penyelidikan mereka mendapatkan kejutan besar dengan fakta kalau para demonstran dari The Lazarus Movement ini hanyalah sebagai umpan dari rencana jahat yang akan dilakukan Lazarus, pimpinan mereka. The Teller Institute bukan satu-satunya lembaga yang mengembangkan Nanotechnology tapi ternyata Lazarus sendiri juga mengembangkan nanotechnology juga namun untuk dijadikan senjata pemusnah massal. Sang Lazarus ini ingin memusnahkan sebagian besar populasi penduduk bumi dan akan membuat dunia baru yang tatanannya sesuai dengan apa yang ia inginkan. Namun tentunya berkat penyelidikan dan kerja keras dari Jon Smith dan teman-teman, rencana Lazarus yang sangat mengerikan tersebut batal terlaksana. Sekali lagi dunia berhasil di selamatkan.



Plot cerita The Lazarus Vendetta ini lumayan komplek juga dan kadang-kadang jalan cerita berputar terlalu cepat sehingga pembaca kurang mendapatkan detailnya. Namun seperti umumnya novel kisah mata-mata karya Robert Ludlum buku ini sangat memacu adrenalin sehingga pembaca akan ingin terus menerus membacanya. Lazarus Vendetta merupakan buku kelima dari serial Covert-ONE ciptaan penulis laris Robert Ludlum, kali ini bukan Robert Ludlum sendirian yang mengarang buku karena yang bersangkutan sudah keburu wafat sehingga dilanjutkan oleh Patrick Larkin namun rasa Ludlumnya masih terasa sangat kental.

Tidak ada komentar: