Minggu, 17 Februari 2008

Blind Alley - Iris Johansen

Blind Alley adalah novel ke-5 dari seri kisah tokoh Eve Duncan sang ahli rekonstruksi forensik karya pengarang sejumlah buku laris Iris Johansen. Eve yang kini hidup berbahagia bersama sang kekasih Joe Quinn, anggota kepolisian Atlanta serta anak adopsi mereka Jane MacGuire. Eve berusaha menjalin hubungan yang lebih akrab dengan Jane namun Jane yang terlalu mandiri agak sulit untuk didekati. Pada suatu saat Jane yang telah memasuki usia remaja sering bermimpi buruk hingga mengigau berteriak-teriak sendiri. Eve berusaha mencari tahu mengenai mimpi Jane tersebut, pada awalnya Jane selalu menolak namun berkat kegigihan Eve Jane mulai mau membuka dirinya pelan-pelan.
Pada saat yang bersamaan Joe juga mendapatkan kasus pembunuhan berantai dimana setiap korban yang semuanya wanita dikuliti wajahnya hingga sulit untuk dikenali. Untuk menyelesaikan kasusnya itu, Joe meminta bantuan Eve untuk merekonstruksi sang wajah korban. Betapa terkejutnya mereka begitu mengetahui bahwa wajah sang korban sangat mirip dengan wajah Jane. Kejutan kembali berlanjut ketika Joe dihubungi oleh seseorang bernama Trevor yang mengaku berasal dari Scotland yard, kepolisian Inggris, yang mengajak bekerjasama sebab kasus serupa pernah terjadi juga di Inggris. Trevor juga mengingatkan Joe kalau Aldo sang pembunuh juga akan mengincar Jane. Namun tindak-tanduk Trevor yang mencurigakan membuat Joe sangsi dan mengecek sendiri ke Scotland Yard. Rupanya kecurigaan Joe tepat sebab Scotland Yard tak pernah mengirim anggotanya ke Amerika untuk menyelidiki kasus pembunuhan berantai tersebut. Namun Jane yang sempat bertemu dengan Trevor sangat percaya kalau Trevor sebetulnya orang yang baik, pendapatnya ini mendapat dukungan dari Eve. Joe yang semula menentang kehadiran Trevor terpaksa mau menerima kehadiran Trevor demi keselamatan jane sebab ialah satu-satunya yang mengetahui identitas asli Aldo sang pembunuh.
Aldo sang pembunuh karena ingin balas dendam terhadap seorang wanita bernama Cira, seorang wanita cantik yang hidup 2000 tahun lalu yang diduga tewas ketika terjadi letusan gunung Vevisius. Aldo merasa sangat dendam terhadap Cira sebab ayahnya sangat terobsesi mencari kerangka Cira hingga melupakan sang anak. Lantaran Cira telah tewas 2000 tahun lalu maka dendamnya ia lampiaskan pada wanita yang berparas mirip Cira. Trevor yang telah mengenal Aldo sejak lama berusaha menghentikan aksi sadis tersebut namun selalu gagal.
Begitu mengetahui Jane sering bermimpi aneh seputar letusan gunung bahkan sosok Cira yang tak dikenalnya muncul di setiap mimpi buruknya membuat Trevor yakin kalau Jane akan menjadi sasaran Aldo berikutnya. Memang pada kenyataannya Aldo menganggap kalau Jane adalah jelmaan Cira yang paling sempurna. Jane menolak menjadi korban Aldo berusaha menantang sang pembunuh dengan dukungan penuh dari kedua orangtua angkatnya serta Trevor dan seorang rekan Trevor yang banyak membantunya. Petualangan memancing Aldo sampai dilakukan hingga ke Italia daerah asalnya Cira. Aldo yang memang terpancing untuk terus mengejar Jane tapi Aldo juga tidak bodoh. Segala jebakan yang telah disapkan nyaris tidak berguna karena Aldo berhasil menghindarinya hingga nyawa Jane benar-benar diujung tanduk. Tapi jangan kuatir, sang pengarang Iris Johansen masih berbaik hati untuk tetap mengirim dewa penyelamat buat Jane.
"Blind Alley" ceritanya menegangkan dari awal hingga akhir namun tak banyak kejutan-kejutan yang muncul sebab sang tokoh jahat sudah dibuka identitasnya sejak awal.

Tidak ada komentar: