Kamis, 28 Februari 2008

Indonesia is a Biutipul City

Setelah membaca judul diatas, jangan lantas apriori dulu sebab aku mau bilang kalau tulisan ini sama sekali tidak bermaksud menyinggung "dosa lama" mantan Puteri Indonesia Nadine Chandrawinata. Memang agak basi sih topiknya tapi aku baru saja mendapatkan sebuah forward-an e-mail yang mengingatkanku kembali akan kasus salah ucap Nadine tersebut. Kalimat yang diucapkan Nadine pada salah satu sesi wawancara pada ajang miss Universe tahun 2006 tersebut pada awalnya jadi bahan olok-olokan orang se-Indonesia dan banyak yang mengatakan kalau Nadine tidak pantas mewakili Indonesia dalam ajang pemilihan ratu kecantikan sedunia tersebut.

Sadar atau tidak sadar Nadine itu sebetulnya wakil Indonesia yang paling cocok, sebab kesalahan ucap yang dilakukan Nadine tersebut adalah hal yang jamak dilakukan oleh sebagian besar orang Indonesia termasuk aku juga. Banyak diantara kita yang sok-sokan pakai bahasa Inggris padahal kurang tepat penggunaannya atau malah ngaco sama sekali. Contoh paling nyata adalah istilah "Busway", sebuah kengacoan massal penggunaan bahasa Inggris yang sudah sudah dimaafkan semua orang. Dan bersama tulisan ini aku sertakan sebuah foto yang berasal dari forward-an e-mail seorang teman sebagai bukti nyata kalau Nadine memang pantas cocok jadi wakil Indonesia di ajang miss Universe.

Halte di daerah Jati Baru pada awalnya dikasih nama "Ply Over" , sebuah bahasa yang sangat kenek sekali, lalu mungkin karena ada yang protes akhirnya diganti jadi "Ply Ofer" gubraaak.... Bukannya jadi bener malah makin parah saudara-saudara... OMG, Indonesia is a beautiful city so, you should go there to visit by yourself, because we have a lot of beautiful bitches...

Tidak ada komentar: