Rabu, 27 Februari 2008

The General's Daughter - Nelson deMille

The General's Daughter termasuk salah satu buku best sellernya Nelson deMille, saking larisnya bahkan sampai dibuatkan versi layar lebarnya dengan John Travolta sebagai bintang utama. Harus diakui karya-karya deMille memang sangat apik sehingga bisa membius pembaca untuk terus membuka halaman demi halaman bukunya. Kali ini kisah mengambil latar belakang di sebuah basis militer Amerika Serikat yang penuh dengan lika-liku konspirasi terstruktur khas militer.

Kapten Ann Campbell seorang "bintang" di Angkatan Darat Amerika Serikat dan juga putri Letjen Joe Campbell ditemukan tewas dalam keadaan tanpa busana pada sebuah areal latihan menembak. Anak Jenderal ditemukan tewas saja sudah cukup bikin heboh apalagi saat ditemukan dalam keadaan tanpa busana dan kedua kaki serta tangannya dalam keadaan terikat. Paul Brenner dan Cynthia Sunhill, 2 orang anggota CID (FBInya militer) dikirim untuk mengusut kasus pembunuhan yang disinyalir juga terdapat motif kejahatan seksual. Kapten Ann Campbell dari memang nampak sempurna dan cocok sekali jadi panutan karena cantik, cerdas dan juga tangguh di medan perang. Namun dibalik semua itu ternyata sang kapten menyimpan sebuah rahasia kotor yang sangat mengejutkan. Sang Kapten panutan rupanya memiliki kepribadian lain yang menjadi sisi gelap yaitu sebagai wanita maniak sex yang punya hobi tidur dengan berbagai laki-laki.

Kejutan-kejutan terus terjadi menyusul makin banyaknya barang bukti yang berhasil dikumpulkan. Terungkap pula kalau perilaku tak pantas Kapten Ann Campbell dilakukan terhadap orang-orang militer juga yang notabene adalah rekan-rekan Letjen Joe Campbell ayahnya sendiri. Bukti ini memberikan sebuah motif baru kalau perilaku sex menyimpangnya itu ternyata adalah sebuah cara pembalasan dendam Kapten Ann Campbell terhadap sang ayah yang dianggapnya mengkhianati sang anak. Indikasi penyimpangan psikologis Ann Campbell dimulai pada pada tahun kedua berada di sekolah militer West Point Academy. Dari sisi inilah Paul Brenner dan Cynthia Sunhill memfokuskan penyelidikan mereka.

Setelah melakukan berbagai penyelidikan yang dilakukan secara maraton, akhirnya terungkap juga pelaku pembunuhan terhadap Kapten Ann Campbell yang rupanya terjadi secara tidak sengaja. Selain mengungkap pelaku pembunuhan, penyelidikan yang dilakukan Paul Brenner dan Cynthia Sunhill juga membuat terungkapnya beberapa tabir yang selama ini rapat menutupi beberapa kebusukan yang terjadi dalam lingkup basis militer tersebut. Sebagai peredam ketegangan, deMille juga memberikan bumbu-bumbu asmara yang sempat mewarnai kegiatan penyelidikan Paul Brenner dan Cynthia Sunhill.

Tidak ada komentar: