Jumat, 01 Februari 2008

The Search - Iris Johansen

Tokoh dalam novel "The Search" ini sebagian besar pernah muncul dalam novel karya Iris Johansen sebelumnya yang berjudul "The Killing Game". Hanya saja jika di "The Killing Game" tokoh utamanya adalah si ahli rekonstruksi forensik Eve Duncan maka di "The Search" tokoh utamanya adalah teman Eve yang bernama Sarah Patrick anggota tim K-9 dan anjingmya Monty yang punya penciuman super tajam. Keahlian Sarah dan Monty adalah mencari korban hilang atau tertimbun akibat bencana seperti yang terlukiskan pada bagian awal "The Search" dimana Sarah dan Monty sedang mencari korban tertimbun bangunan akibat gempa di sebuah daerah di Turki.
Selain Sarah Patrick, tokoh utama lainnya adalah John Logan, mantan kekasih Eve yang juga seorang pengusaha kaya raya. John Logan mempunyai sebuah fasiitas penelitian rahasia di pedalaman Kolombia. Salah satu ilmuwan andal di fasilitas tersebut diculik oleh Madden musuh lama Logan. Untuk mencari dimana Madden menyekap sang korban penculikan, Logan meminta bantuan Sarah dan Monty dalam mencari jejaknya. Tapi Sarah yang punya kepribadian misterius itu tidak mudah untuk dibujuk, akhirnya Sarah bersedia melakukannya namun tentunya tidak gratis, ada timbal balik yang dinginkan Sara dari Logan. Operasi pembebasan cukup berhasil namun masalah tidak selesai sampai situ saja, rupanya Madden masih dendam sekali terhadap Logan sehingga kehidupan Logan dan orang-orang dekatnya terancam. Walaupun Logan sudah berusaha keras untuk menutupi keterlibatan sarah dan Monty namun Madden tetap tahu juga dan mau tidak mau Logan harus melindungi Sarah dan Monty juga.
Sebetulnya Sarah sangat keberatan dengan perlakuan over protektif Logan, sebagai perempuan mandiri yang tangguh tentu saja Sarah merasa dapat mengatasinya sendiri tapi Logan berpendapat lain sebab Madden sangat berbahaya. Logan yang selalu memaksa berada di dekat Sarah dan berusaha bersahabat dengan Sarah tapi Sarahnya sendiri tetap dingin namun berkat kebersamaan yang intens akhirnya tumbuh benih-benih cinta diantara keduanya. Ternyata bukan Sarah saja yang mengalami romansa, sang anjingpun Monty juga sedang jatuh cinta. Sarah sebetulnya kurang "menyetujui" cintanya Monty sebab Monty jatuh cinta terhadap seekor serigala betina yang ditolong Sarah dari jebakan. Membaiknya hubungan Sarah dan Logan rupanya membawa pengaruh positif sehingga mereka berdua makin kompak saja saling bahu-membahu melawan Madden.
Iris Johansen ini lumayan jago juga dalam membangun intensitas ketegangan sambil diselingi romansa-romansa sebagai pemanis cerita. Tak lupa sang pengarangpun memberikan kejutan-kejutan yang membuat cerita jadi tidak mudah ditebak. Secara keseluruhan, "The Search" ini sangat menarik sehingga membuat tak sabar untuk membaca karya Iris Johansen lainnya.

Tidak ada komentar: